Abstrak
Media online merupakan salah satu media massa yang tersaji secara online pada situs website internet. Melalui jaringan internet setiap orang di belahan dunia manapun dapat terhubung satu sama lain. Penemuan internet dan berkembangnya website dapat memberikan berbagai kemudahan bagi manusia dalam berbagai aspek kehidupan. Website sebagai salah satu jasa paling populer di internet. Website berisi dokumen disebut halaman web dapat berisi teks, dan gambar. Pada umumnya setiap perguruan tinggi menyediakan layanan secara online melalui sebuah situs website. Salah satu perguruan tinggi yang memanfaatkan teknologi yang ada dengan menggunakan sarana media online melalui situs website yaitu Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, pada situs website uhamka.ac.id. Website menjadi media komunikasi yang sangat efektif antara pihak perguruan tinggi dengan mahasiswa maupun dengan pihak eksternal. Tujuan rumusan masalah untuk mengetahui tingkat kepuasan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA mengakses situs uhamka.ac.id Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme dan pendekatan kuantitatif dengan metode survey. Peneliti menggunakan teori Uses and Gratifications. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA yang berjumlah 17.015 orang, dengan sample 100 mahasiswa menggunakan perhitungan sampling random dengan rumus Slovin. Dari hasil penelitian kepada 100 responden skor paling tinggi adalah pada kepuasan informasi, yang berarti mahasiswa Univesitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA merasa puas mendapatkan informasi dalam menu profil, fakultas, pendaftaran, fasilitas, berita, publikasi, download logo dan ODDI dengan mengakses situs uhamka.ac.id, dan skor yang yang paling rendah adalah pada kepuasan Identitas Pribadi yang berarti mahasiswa Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA kurang mendapatkan kepuasan dalam menunjang nilai-nilai pribadi untuk menambah pengetahuan.