Abstrak
Uswatun Hasanah. Perbedaan Prokrastinasi Akademik Siswa yang Mengikuti Organisasi dengan Siswa yang Tidak Mengikuti Organisasi di MTS Negeri 38 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017. Latar belakang penelitian, peneliti menemukan fenomena pada siswa, yang terbiasa dalam menunda tugas yang telah diberikan oleh guru, baik siswa yang mengikuti organisasi dengan siswa yang tidak megikuti organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prokrastinasi akademik siswa yang mengikuti organisasi dengan siswa yang tidak mengikuti organisasi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas VIII yang mengikuti organisasi dengan siswa yang tidak mengikuti organisasi di MTS Negeri 38 Jakarta. Metode penelitian dengan kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 200 orang. Sampel yang diambil 60 orang. Dengan teknik random sampling yaitu pengambilan sampling secara acak. Data dalam peneliti ini berdistribusi tidak normal dan homogen sehingga ditetapkan teknik analisis data non parametik dengan metode uji hipotesis U-test (Mann Whitney). Berdasarkan hasil perhitungan u-test (Mann Whitney) diperoleh menunjukan bahwa Zhitung < Ztabel (0,006 < 1,96) yang berarti Ho diterima. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prokrastinasi akademik siswa yang mengikuti organisasi dengan siswa yang tidak mengikuti organisasi di MTS Negeri 38 Jakarta. Kata Kunci: prokrastinasi akademik, siswa, organisasi