Abstrak
Uswatun Hasanah. Perbedaan Prokrastinasi Akademik Siswa yang Mengikuti
Organisasi dengan Siswa yang Tidak Mengikuti Organisasi di MTS Negeri 38
Jakarta. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017.
Latar belakang penelitian, peneliti menemukan fenomena pada siswa, yang
terbiasa dalam menunda tugas yang telah diberikan oleh guru, baik siswa yang
mengikuti organisasi dengan siswa yang tidak megikuti organisasi. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan prokrastinasi akademik siswa
yang mengikuti organisasi dengan siswa yang tidak mengikuti organisasi. Penelitian
ini dilakukan pada siswa kelas VIII yang mengikuti organisasi dengan siswa yang
tidak mengikuti organisasi di MTS Negeri 38 Jakarta. Metode penelitian dengan
kuantitatif asosiatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 200 orang. Sampel yang
diambil 60 orang. Dengan teknik random sampling yaitu pengambilan sampling
secara acak. Data dalam peneliti ini berdistribusi tidak normal dan homogen sehingga
ditetapkan teknik analisis data non parametik dengan metode uji hipotesis U-test
(Mann Whitney). Berdasarkan hasil perhitungan u-test (Mann Whitney) diperoleh
menunjukan bahwa Zhitung < Ztabel (0,006 < 1,96) yang berarti Ho diterima. Hasil
penelitian ini disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan prokrastinasi akademik siswa
yang mengikuti organisasi dengan siswa yang tidak mengikuti organisasi di MTS
Negeri 38 Jakarta.
Kata Kunci: prokrastinasi akademik, siswa, organisasi