Abstrak
SUSI SELITA. Kontribusi Kecerdasan Intelektual terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 33 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di sekolah MTs Negeri 33 Jakarta kecerdasan intelektual yang dimiliki siswa tidak menampakkan minat belajar yang tinggi. Idealnya siswa yang memiliki kecerdasan intelektual yang tinggi memiliki minat belajar yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kontribusi kecerdasan intelektual terhadap minat belajar siswa kelas VIII MTs Negeri 33 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Populasi penelitian siswa kelas VIII berjumlah 173 siswa. Sampel penelitian 34. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling dengan mengambil 20% dari jumlah populasi. Data diperoleh thitung = 4950, dan ttabel = 1,697 pada taraf α=0,05. Sehingga thitung > ttabel, maka Ho ditolak H1 diterima. Hasil penelitian yang diperoleh thitung > ttabel dapat disimpulkan ada kontribusi kecerdasan intelektual terhadap minat belajat siswa kelas VIII MTs Negeri 33 Jakarta. Kata Kunci : kecerdasan intelektual, minat belajar