Abstrak
Selly Apriliyani. Perbedaan Efikasi Diri Antara Mahasiswa Rantau dan Mahasiswa Tidak Rantau Angkatan 2017 Di Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Latar masalah penelitian adalah munculnya fenomena mahasiswa yang berasal dari daerah yang beragam, salah satunya dikategorikan rantau dan tidak rantau dengan tujuan yang sama yaitu melanjutkan studi di perguruan tinggi dengan lulus tepat waktu dan memiliki sumber efikasi diri yang berbeda. Mahasiswa rantau memiliki efikasi diri yang cenderung tinggi dan mahasiswa tidak rantau memiliki efiaksi diri yang cenderung rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan perbedaan efikasi diri mahasiswa rantau dan mahasiswa tidak rantau angkatan 2017 di program studi Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif komparasi. Populasi penelitian ini seluruh mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2017 yang berjumlah 121 orang. Sampel penelitian berjumlah 62 mahasiswa, yang terdiri dari 31 mahasiswa rantau dan 31 mahasiswa tidak rantau. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Purposive Sampling yaitu pengambilan sampel berdasarkan kriteria yang sudah ditetapkan. Teknik analisis data menggunakan nonparametrik dengan metode uji hipotesis U-test (Mann Whitney). Diperoleh Zhitung sebesar -5,207, dan Ztabel 1,96, berarti Zhitung < Ztabel, yang bermakna Ho ditolak Ha diterima. Hasil penelitian dapat disimpulkan ada perbedaan efikasi diri antara mahasiswa rantau dan mahasiswa tidak rantau angkatan 2017 di program studi Bimbingan dan Konseling FKIP UHAMKA. Kata Kunci : efikasi diri, mahasiswa rantau, mahasiswa tidak rantau