Abstrak
SAVITRI NUR INDAH SARI. Hubungan Kepercayaan Diri Dengan Perilaku
Bullying Siswa Kelas IX di MTS Negeri 12 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program
Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2018.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bullying yang terjadi di
sekolah yang membuat kepercayaan diri menjadi rendah, namun terdapat pula
yang kepercayaan dirinya tetap baik atau tinggi meskipun dibully temannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa di MTs
Negeri 12 Jakarta, untuk mengetahui tingkat perilaku bullying siswa di MTs
Negeri 12 Jakarta, dan mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan perilaku
bullying siswa di MTs Negeri 12 Jakarta.
Metode yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif korelasional. Teknik
pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan yang menjadi
sampel adalah siswa kelas IX dengan jumlah sampel sebanyak 71.
Hasil uji validitas angket kepercayaan diri terdapat 37 item valid dan 13 tidak
valid. Sedangkan untuk angket perilaku bullying terdapat 30 item valid dan 20
tidak valid, masing-masing dari 50 pernyataan. Kemudian kedua angket tersebut
dinyatakan reliable dengan menggunakan perhitungan SPSS 2.1, dengan hasil
0,734 untuk kepercayaan diri dan 0,721 untuk prilaku bullying.
Setelah itu dilakukan uji prasayarat analisis menggunakana Kolmogorov Smirnov
dengan aplikasi SPSS 2.1, dengan hasil signifikan 0,673 yang berarti data
berdistribusi normal dan dapat digunakan untuk penelitian.
Uji hipotesis data menggunakan korelasi Product Moment untuk mengetahui
hubungan dari dua variabel penelitian dan seberapa besar korelasinya. Dari hasil
penelitian, menunjukan terdapat hubungan kepercayaan diri dengan perilaku
bullying siswa di MTs Negeri 12 Jakarta. Hal ini bisa terlihat dari hasil
perhitungan dengan memanfaatkan aplikasi SPSS 2.1 dengan korelasi Product
Moment, yaitu hasil rhitung sebesar -0,338 kemudian dikonsultasikan dengan rtabel
dengan taraf 5% dari N= 71 sebesar 0,227 Maka rhitung > rtabel yaitu -0,338 >
0,227 dan hasil signifikan didapat sebesar 0,004 < 0,05 dengan demikian Ho
ditolak dan H1 diterima.
Kata Kunci: Kepercayaan Diri, Perilaku Bullying