Abstrak
Retna Fazriani Agusti ?Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Manajemen
Konflik Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Bogor?. Skripsi. Jakarta: Fakultas Kegutuan
dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktra-fakta dilapangan menunjukkan bahwa
beberapa siswa ang memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi akan tetapi tidak
dapat mengatasi konflik dengan baik. Penelitian bertujuan untuk menemukan
hubungan antara kecerdasan spiritual dengan manajemen konflik siswa kelas XI
di MAN 1 Kota Bogor. Penelitian menggunakan metode kuantiatif korelasi, yaitu
dengan menggunakan metode data-data numerikal atau angka yang diolah dengan
statistika. Populasi penelitian siswa kelas XI berjumblah 210 siswa. Sampel yang
diambil adalah sebanyak 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah
random sampling dengan metode undian. Hasil data yang diperoleh dari
perhitungan uji normalitas dan uji liniearitas regresi sederhana dalam penelitian
ini berdistribusi normal dan linier. Pengujian hipotetis menggunakan korelasi
product moment diperoleh koefisien yang ditunjukkan oleh rhitung sebesar 0,374
dan rtabel sebesar 0,349, jadi rhitung < rtabel (0,374 < 0,349) yang berarti H0 ditolak
dan H1 diterima. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapa Hubungan
Kecerdasan Spiritual dengan Manajemen Konflik Siswa Kelas XI di MAN 1 Kota
Bogor. Siswa kelas XI mampu memberikan kekuatan untuk tumbuh dan berubah
menjadi lebih baik, meski terkadang siswa masih menunda dalam menyelesaikan
konflik.
Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Manajemen Konflik