Abstrak
Retna Fazriani Agusti ?Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Manajemen Konflik Siswa Kelas XI MAN 1 Kota Bogor?. Skripsi. Jakarta: Fakultas Kegutuan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017. Penelitian ini dilatar belakangi oleh faktra-fakta dilapangan menunjukkan bahwa beberapa siswa ang memiliki kecerdasan spiritual yang tinggi akan tetapi tidak dapat mengatasi konflik dengan baik. Penelitian bertujuan untuk menemukan hubungan antara kecerdasan spiritual dengan manajemen konflik siswa kelas XI di MAN 1 Kota Bogor. Penelitian menggunakan metode kuantiatif korelasi, yaitu dengan menggunakan metode data-data numerikal atau angka yang diolah dengan statistika. Populasi penelitian siswa kelas XI berjumblah 210 siswa. Sampel yang diambil adalah sebanyak 32 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dengan metode undian. Hasil data yang diperoleh dari perhitungan uji normalitas dan uji liniearitas regresi sederhana dalam penelitian ini berdistribusi normal dan linier. Pengujian hipotetis menggunakan korelasi product moment diperoleh koefisien yang ditunjukkan oleh rhitung sebesar 0,374 dan rtabel sebesar 0,349, jadi rhitung < rtabel (0,374 < 0,349) yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapa Hubungan Kecerdasan Spiritual dengan Manajemen Konflik Siswa Kelas XI di MAN 1 Kota Bogor. Siswa kelas XI mampu memberikan kekuatan untuk tumbuh dan berubah menjadi lebih baik, meski terkadang siswa masih menunda dalam menyelesaikan konflik. Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Manajemen Konflik