Abstrak
Robertus Sulitya. Mengurangi Perilaku Bullying Pada Siswa Kelas X Bahasa
SMA Negeri 56 Jakarta Melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Skripsi, Jakarta :
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR.
HAMKA, 2018.
Penelitian ini dilatar belakangi muncul dan maraknya perilaku bullying
dikalangan siswa di Sekolah Menengah Atas di DKI Jakarta. Hal tersebut terbukti
sangat memberikan dampak negatif bagi seluruh siswa berupa traumatik secara
fisik dan secara psikis yang cukup lama. Penelitian bertujuan untuk mengurangi
perilaku bullying pada siswa kelas X Bahasa di SMA Negeri 56 Jakarta melalui
Layanan Bimbingan Kelompok.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan PTBK. Populasi
penelitian siswa kelas X Bahasa sebanyak 36 siswa. Subyek penelitian sebanyak 8
siswa yang menjadi Anggota. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive
sampling. Kelompok Subyek ditentukan dengan kriteria pelaku bullying,
menggunakan instrumen pra tindakan yang diberikan kepada populasi.
Hasil penelitian tindakan melalui Layanan Bimbingan Kelompok diberikan
sebanyak 2 siklus, setiap siklus terbagi menjadi 2 pertemuan. Penilaian terhadap
siswa berdasarkan instrumen observasi yang dilakukan Pemimpin Kelompok dan
Observer selama proses pemberian Layanan Bimbingan Kelompok. Berdasarkan
hasil perhitungan angket pada siklus I rata-rata 87,97 dan siklus II. Rata-rata
95,25 didapatkan kenaikan siklus I ke siklus II rata-rata 7,28 berarti bahwa
Layanan Bimbingan Kelompok sudah memenuhi target yaitu terdapat perubahan
yang signifikan dari jumlah Anggota Kelompok yang terlibat. Dimana terdapat 3
anggota Kelompok yang sudah memenuhi target pencapaian, rencana target
dalam penelitian 10 % yakni 2 Anggota Kelompok. Oleh karena itu dapat
disimpulkan bahwa Layanan Bimbingan Kelompok dapat mengurangi perilaku
bullying pada siswa kelas X Bahasa di SMA Negeri 56 Jakarta.
Kata Kunci : bully, bimbingan kelompok, siswa kelas X bahasa