Abstrak
Qurotu Aini, Pengaruh Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Di Kelas VIII SMPN 222 Jakarta timur. Skripsi. Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2016. Penelitian ini berlatar belakang pada lingkungan belajar terhadap motivasi belajar yang dimiliki setiap peserta didik. Lingkungan belajar merupakan wadah yang paling penting digunakan sebagai media pembelajaran dalam proses belajar mengajar disekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas VIII. Populasi peneliti ini berjumlah 214 siswa yang digunakan sebagai sampel penelitian yaitu 54 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampel pengambilan acak atau random sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif asosiatif. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dan diperoleh hasil thitung sebesar 82,3 dari hasil ttabel 1,6736, berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa. Kata Kunci: lingkungan belajar, motivasi belajar.