Abstrak
Nila Atika Suri. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 222 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017. Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena siswa yang memiliki kepercayaan diri tinggi namun memiliki motivasi belajar yang rendah. Secara ideal apabila siswa memiliki kepercayaan diri tinggi maka memiliki motivasi belajar yang tinggi. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan motivasi belajar pada siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasi. Populasi berjumlah 216 siswa kelas VII dan jumlah populasi diambil 25% jadi 54 siswa untuk dijadikan sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Uji instrument dilakukan dengan menggunakan pengujian validitas, item kepercayaan diri yang valid sebanyak 32 item pernyataan dan motivasi belajar sebanyak 31 item pernyataan. Hasil perhitungan persyaratan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu uji normalitas, data menggunakan uji lilliefors untuk kepercayaan diri diperoleh hasil Lhitung = 0,081 < 0,121 = Ltabel dan motivasi belajar Lhitung = 0,043 < 0,121 = Ltabel yang berarti data berdistribusi normal. Hasil perhitungan linieritas diperoleh Fhitung = 0,56 < 2,00 = Ftabel yang menunjukan bahwa ada linier. Analisis data dilakukan dengan menghitung korelasi product moment dan didapat rhitung = 0,771 > 0,297 = rtabel dapat diinterpretasikan bahwa ada hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 222 Jakarta dengan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian tersebut terbukti ada hubungan yang signifikan antara kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 222 Jakarta. Kata Kunci : kepercayaan diri, motivasi belajar