Abstrak
Nila Atika Suri. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Motivasi Belajar Siswa
Kelas VII SMP Negeri 222 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu
Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017.
Penelitian dilatarbelakangi oleh fenomena siswa yang memiliki kepercayaan diri
tinggi namun memiliki motivasi belajar yang rendah. Secara ideal apabila siswa
memiliki kepercayaan diri tinggi maka memiliki motivasi belajar yang tinggi.
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan kepercayaan diri dengan
motivasi belajar pada siswa. Penelitian menggunakan metode kuantitatif korelasi.
Populasi berjumlah 216 siswa kelas VII dan jumlah populasi diambil 25% jadi 54
siswa untuk dijadikan sampel. Teknik pengambilan sampel yang digunakan
adalah teknik simple random sampling.
Uji instrument dilakukan dengan menggunakan pengujian validitas, item
kepercayaan diri yang valid sebanyak 32 item pernyataan dan motivasi belajar
sebanyak 31 item pernyataan. Hasil perhitungan persyaratan analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini ada dua, yaitu uji normalitas, data menggunakan
uji lilliefors untuk kepercayaan diri diperoleh hasil Lhitung = 0,081 < 0,121 =
Ltabel dan motivasi belajar Lhitung = 0,043 < 0,121 = Ltabel yang berarti data
berdistribusi normal. Hasil perhitungan linieritas diperoleh Fhitung = 0,56 < 2,00
= Ftabel yang menunjukan bahwa ada linier. Analisis data dilakukan dengan
menghitung korelasi product moment dan didapat rhitung = 0,771 > 0,297 = rtabel
dapat diinterpretasikan bahwa ada hubungan antara kepercayaan diri dengan
motivasi belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 222 Jakarta dengan taraf
signifikan 0,05.
Hasil penelitian tersebut terbukti ada hubungan yang signifikan antara
kepercayaan diri dengan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 222
Jakarta.
Kata Kunci : kepercayaan diri, motivasi belajar