Abstrak
Nanda Pratama. Pengaruh Kecerdasan Spiritual Terhadap Perilaku Asertif Siswa
Kelas XI di SMA Negeri 4 Pandeglang. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan
Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017.
Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi siswa yang kurang memiliki
kecerdasan spiritual yang tinggi sehingga perilaku asertif yang dimiliki sangat
rendah maka dari itu banyak siswa yang salah dalam memilih pergaulan dan
terjerumus oleh ajakan dari teman-temannya. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap perilaku asertif siswa kelas XI
SMA Negeri 4 Pandeglang.
Penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif jenis hubungan
kausal. Populasi penelitian ini berjumlah 366 orang siswa dan sampel penelitian
berjumlah 38 orang siswa, diambil 10% dari jumlah populasi. Teknik pengambilan
sampel menggunakan teknik Proportional random sampling.
Instrumen dilakukan dengan melakukan pengujian validitas dengan
menggunakan Pearson Product moment, item yang valid sebanyak 33 item
pernyataan dari variabel kecerdasan spiritual dan 34 item dari variabel perilaku
asertif, dan perhitungan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach, diperoleh rhitung
masing-masing variabel sebesar 1,03 dan rtabelsebesar 0,34 karena rhitung>rtabelmaka
data dinyatakan reliabel.
Uji prasyarat analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu uji
normalitas data menggunakan uji Liliefors dengan Ltabel pada taraf signifikan α =
0,05. Hasil perhitungan data kecerdasan spiritual diperoleh L0 sebesar -3,295, data
perilaku asertif diperoleh L0 sebesar -0,381 dan Ltabelsebesar 0,143 karena L0 < Ltabel
maka data berdistribusi normal. Kemudian dilakukan uji linieritas menggunakan uji
Fisher diperoleh hasil Fhitung = 1,86 < Ftabel = 2,14, maka kedua kelompok data
dikatakan linier.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan Pearson Product
moment. Diperoleh r = 0,96 nilai korelasi sebesar ini tergolong sangat kuat.
Koefisien determinasi diperoleh 92,16%, dan diperoleh thitung= 10,752589 > ttabel=
2,021 yang berarti H0 ditolak dan H1 diterima.
Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat pengaruh kecerdasan spiritual
terhadap perilaku asertif siswa kelas XI SMA Negeri 4 Pandeglang. Semakin tinggi
kecerdasan spiritual yang dimiliki siswa maka semakin tinggi perilaku asertif siswa.
Kata Kunci: kecerdasan spiritual, perilaku asertif