Abstrak
Nana Rahmawati 1301015092. Pengaruh Layanan Informasi Terhadap
Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII SMPN 214 Jakarta. Skripsi, Jakarta:
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.
DR. HAMKA, 2018.
Menurunkan dan meminimalisir perilaku agresif adalah sangat penting hal
ini dikarenakan perilaku agresif merupakan aspek yang sangat berpengaruh
terhadap kepribadian siswa. Hasil pengamatan awal pada kelas VIII SMPN 214
Jakarta menunjukkan bahwa terdapat fenomena yang menggambarkan ada
kecenderungan perilaku agresif seperti berkata kasar, membolos, mencubit
temannya, merusak barang orang lain, mencoret-coret fasilitas sekolah, serta
mengejek temannya. Oleh karena itu, perlu diberikan layanan informasi guna
pemahaman siswa terhadap perilaku agresif dan informasi untuk bekal siswa dan
menurunkan agresifitas yang sangat merugikan lingkungan sekitar.
Penelitian bertujuan untuk menemukan pengaruh pemberian layanan
informasi terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII SMPN 214 Jakarta Sebelum
dan sesudah diberikan layanan informasi dan mengetahui pengaruh layanan
informasi terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII SMPN 214 Jakarta.
Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuanti Qoasi
eksperimen, menggunakan One Group Pretest-Postest. Populasi penelitian ini
yaitu siswa kelas VIII SMPN 214 Jakarta berjumlah 150 siswa. Penentuan sample
menggunakan purposive sampling, sample diambil 20% dari populasi yaitu
berjumlah 30 siswa, metode pengumpulan data menggunakan instrument tes (
angket perilaku agresif). Uji Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang
menggunakan indeks reliabilitas 0,630 ( sangat tinggi).
Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif
kuantitatif yaitu menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat
Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Perilaku Agresif Siswa kelas VIII SMPN
214 Jakarta. Pengaruh tersebut ditunjukkan oleh hasil pemberian angket kemudian
diperoleh data sebelum dan sesudah kegiatan layanan informasi sebelum layanan
informasi 2581 dan sesudah 2481. Pengujian hipotesis dilakukan dengan
menghitung hasil t-test dan didapat 𝑡𝑡ℎ𝑖𝑖𝑡𝑡𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 < 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 , yaitu 𝑡𝑡ℎ𝑖𝑖𝑡𝑡𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 -2,176 < 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡
2,042, yang berarti 𝐻𝐻0 ditolak 𝐻𝐻𝑡𝑡 diterima.
Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh
layanan informasi terhadap perilaku agresif pada siswa kelas VIII SMPN 214
Jakarta.
Kata Kunci: Layanan Informasi, Perilaku agresi dan siswa.