Abstrak
Nana Rahmawati 1301015092. Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Perilaku Agresif Siswa Kelas VIII SMPN 214 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Menurunkan dan meminimalisir perilaku agresif adalah sangat penting hal ini dikarenakan perilaku agresif merupakan aspek yang sangat berpengaruh terhadap kepribadian siswa. Hasil pengamatan awal pada kelas VIII SMPN 214 Jakarta menunjukkan bahwa terdapat fenomena yang menggambarkan ada kecenderungan perilaku agresif seperti berkata kasar, membolos, mencubit temannya, merusak barang orang lain, mencoret-coret fasilitas sekolah, serta mengejek temannya. Oleh karena itu, perlu diberikan layanan informasi guna pemahaman siswa terhadap perilaku agresif dan informasi untuk bekal siswa dan menurunkan agresifitas yang sangat merugikan lingkungan sekitar. Penelitian bertujuan untuk menemukan pengaruh pemberian layanan informasi terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII SMPN 214 Jakarta Sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi dan mengetahui pengaruh layanan informasi terhadap perilaku agresif siswa kelas VIII SMPN 214 Jakarta. Metodologi penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuanti Qoasi eksperimen, menggunakan One Group Pretest-Postest. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 214 Jakarta berjumlah 150 siswa. Penentuan sample menggunakan purposive sampling, sample diambil 20% dari populasi yaitu berjumlah 30 siswa, metode pengumpulan data menggunakan instrument tes ( angket perilaku agresif). Uji Reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menggunakan indeks reliabilitas 0,630 ( sangat tinggi). Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif yaitu menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan Terdapat Pengaruh Layanan Informasi Terhadap Perilaku Agresif Siswa kelas VIII SMPN 214 Jakarta. Pengaruh tersebut ditunjukkan oleh hasil pemberian angket kemudian diperoleh data sebelum dan sesudah kegiatan layanan informasi sebelum layanan informasi 2581 dan sesudah 2481. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menghitung hasil t-test dan didapat 𝑡𝑡ℎ𝑖𝑖𝑡𝑡𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 < 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 , yaitu 𝑡𝑡ℎ𝑖𝑖𝑡𝑡𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖𝑖 -2,176 < 𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡𝑡 2,042, yang berarti 𝐻𝐻0 ditolak 𝐻𝐻𝑡𝑡 diterima. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh layanan informasi terhadap perilaku agresif pada siswa kelas VIII SMPN 214 Jakarta. Kata Kunci: Layanan Informasi, Perilaku agresi dan siswa.