Abstrak
Nabilah Adistie. NIM: 1401015082. Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 50 Jakarta. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Latar belakang permasalahan intensitas penggunaan media sosial Instagram yang semakin hari semakin menjadi kebiasaan bagi siswa, sehingga dorongan belajar beralih dan semakin menurun karena siswa memiliki kecanduan menggunakan media sosial Instagram yang berlebihan. Penelitian bertujuan untuk memperoleh hasil secara deskriptif pengaruh intensitas penggunaan media sosial Instagram terhadap motivasi belajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif dengan populasi berjumlah 144 siswa, teknik sampling yang digunakan adalah proportionate random sampling, sampel penelitian terdiri dari 60 siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan instrumen non tes berupa pernyataan. Setelah melakukan perhitungan terhadap data yang diperoleh dari instrument penelitian melalui uji validitas dan uji realibilitas yang menghasilkan Alpha Cronbach 0,944 dan 0,896 yang memiliki arti realibilitas tinggi. Teknik analisis data menggunakan spearman rho, hasil penelitian diperoleh sig 0,001<0,05 yang menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan media sosial Instagram terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 50 Jakarta. Kata kunci: Intensitas Penggunaan Instagram, Motivasi Belajar.