Abstrak
Nabilah Adistie. NIM: 1401015082. Pengaruh Intensitas Penggunaan Media
Sosial Instagram Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 50
Jakarta. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas
Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018.
Latar belakang permasalahan intensitas penggunaan media sosial Instagram
yang semakin hari semakin menjadi kebiasaan bagi siswa, sehingga dorongan
belajar beralih dan semakin menurun karena siswa memiliki kecanduan
menggunakan media sosial Instagram yang berlebihan. Penelitian bertujuan untuk
memperoleh hasil secara deskriptif pengaruh intensitas penggunaan media sosial
Instagram terhadap motivasi belajar. Metode Penelitian yang digunakan adalah
kuantitatif asosiatif dengan populasi berjumlah 144 siswa, teknik sampling yang
digunakan adalah proportionate random sampling, sampel penelitian terdiri dari
60 siswa kelas IX. Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan instrumen
non tes berupa pernyataan. Setelah melakukan perhitungan terhadap data yang
diperoleh dari instrument penelitian melalui uji validitas dan uji realibilitas yang
menghasilkan Alpha Cronbach 0,944 dan 0,896 yang memiliki arti realibilitas
tinggi. Teknik analisis data menggunakan spearman rho, hasil penelitian
diperoleh sig 0,001<0,05 yang menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil
penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara intensitas penggunaan
media sosial Instagram terhadap motivasi belajar siswa kelas IX SMP Negeri 50
Jakarta.
Kata kunci: Intensitas Penggunaan Instagram, Motivasi Belajar.