Abstrak
Muhammad Revi Cahyadityano. Perbedaan Disiplin Siswa Jurusan IPA dan Siswa Jurusan IPS Kelas XI di SMA Negeri 11 Jakarta. Skripsi, Jakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA,2017. Penelitian ini dilatar belakangi adanya pandangan masyarakat dan lingkungan sekolah tentang pemahaman nilai disiplin yang dimiliki siswa SMA pada Jurusan IPA dan IPS. Mereka beranggapan bahwa siswa Jurusan IPA memiliki nilai disiplin yang tinggi dibandingkan siswa Jurusan IPS. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan disiplin Siswa Jurusan IPA dan Siswa Jurusan IPS Kelas XI di SMA Negeri 11 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode komparatif. Populasi penelitian siswa kelas XI sebanyak 216 siswa, sampel sebanyak 30% dari banyaknya populasi yaitu sejumlah 64 sampel yang terdiri dari 32 Siswa Jurusan IPA dan 32 Siswa Jurusan IPS. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Hasil penelitian berdasarkan hasil perhitungan asumsi Lilifors dengan taraf signifikan 0,05, Siswa Jurusan IPA menghasilkan Lhitung sebesar -3,5661 dan Ltabel sebesar 0,213. Sedangkan Siswa Jurusan IPS menghasilkan Lhitung sebesar -3,6681 dan Ltabel sebesar 0,213 dengan hasil Distribusi Normal. Pengujian Hipotesis dilakukan dengan t-test dengan perolehan Siswa Jurusan IPA dan Siswa Jurusan IPS didapatkan thitung < ttabel (1,04 < 1,753) dengan nilai Sig. masing-masing 0,05 yang berarti H1 ditolak. Oleh karena itu hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tidak adanya Perbedaan Disiplin Antara Siswa Jurusan IPA dan Siswa Jurusan IPS Kelas XI di SMA Negeri 11 Jakarta. Kata Kunci : disiplin, siswa jurusan IPA, siswa jurusan IPS