Abstrak
Kurniati. NIM: 1301015066. Perbedaan Kecerdasan Emosional antara Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dengan Siswa Jurusan Akuntansi di Kelas XI SMKN 1 Cikarang Utara. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017. Permasalahan yang terjadi di lapangan ditemukan fenomena - fenomena rendahnya kecerdasan emosional siswa yang disebabkan oleh faktor emosional siswa yang masih tergolong usia remaja, sehingga ketika menemui peristiwa atau permasalahan yang menyangkut emosional maka akan mempengaruhi kehidupan pribadi, lingkungan keluarga maupun masyarakat. Situasi-situasi yang menimbulkan konflik sering menyebkan perilaku-perilaku yang aneh, canggung dan kalau tidak dikontrol bisa menjadi kenakalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Kecerdasan Emosional antara Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan dengan Siswa Jurusan Akuntansi di Kelas XI SMKN 1 Cikarang Utara ajaran 2017-2018. Populasi pada penelitian ini berjumlah 120 orang, sehingga peneliti mengambil sampel 10% dari populasi yang ada yaitu 37 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Simple Random Sampling yaitu pengambilan sampel yang dilakukan secara acak. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Setelah data berdistribusi normal berdasarkan uji normalitas dengan menggunakan liliefors dan uji homogenitas dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menghitung korelasi product moment dan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas didapat Lohitung< Lotabel yaitu subjek (x1) = -0,01351351 < 0,145 dan subjek (x2) = 0,040540541 < 0,145. Hasil perhitungan uji homogenitas didapat Fhitung