Abstrak
Imas Irmayanti. Hubungan antara Kemandirian dengan Manajemen Waktu Siswa kelas X.IIS di SMA Negeri 51 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2017. Penelitian dilatar belakangi oleh fenomena kemampuan siswa dalam menyelesaikan tugas guru dan kemampuan menggunakan waktu belajar di luar jam sekolah. Penelitian bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang hubungan antara kemandirian dengan manajemen waktu siswa kelas X.IIS di SMA Negeri 51 Jakarta. Penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode data numerikal atau angka yang diolah dengan statistika. Populasi siswa kelas X.IIS adalah 136 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dan dihitung dengan rumus Slovin menjadi 58 siswa untuk dijadikan sampel. Data yang diperoleh dari hasil perhitungan uji normalitas dan uji linearitas regresi sederhana dengan berdistribusi normal dan linier. Pengujian hipotesis menggunakan korelasi product momentdiperoleh koefisien rhitung sebesar 0,438 dan rtabel sebesar 0,254, jadi rhitung> rtabel (0,438 > 0,254) yang berarti H1 diterima karena siswa mampu mengatur waktu secara efektif dan efisien yang berarti mampu menetapkan prioritas yang diutamakan lebih dahulu, menentukan jadwal dan melaksanakan keputusan tanpa bantuan orang lain. Siswa yang mandiri mampu mengelola semua yang dimiliki, mengetahui cara mengelola waktu dan berpikir secara mandiri disertai dengan kemampuan mengambil resiko dan memecahkan masalah, maka terdapat hubungan antara kemandirian dengan manajemen waktu siswa kelas X.IIS di SMA Negeri 51 Jakarta. Kata Kunci: Kemandirian, Manajemen waktu