Abstrak
Hudzaifah Al Amien. Perbedaan Interaksi Sosial antara Siswa Berasrama dan Siswa Tidak Berasrama di SMAIT BUAHATI ISLAMIC SCHOOL. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Interaksi sosial berpengaruh pada perkembangan seseorang. Siswa berasrama dan tidak berasrama memiliki pola interaksi sosial. Interaksi sosial siswa berasrama yang homogen lebih kental dibandingkan siswa tidak berasrama yang heterogen. Penelitian bertujuan untuk mendapatkan perbedaan interaksi sosial antara siswa berasrama dan siswa tidak berasrama. Penelitian dilaksanakan pada semester 1 tahun ajaran 2018-2019. Penelitian menggunakan metode kuantitatif. Populasi penelitian berjumlah 76 orang siswa dengan teknik sampling jenuh. Data yang digunakan diambil dengan cara membagikan angket kepada responden. Data distribusi dilakukan uji validitas dan uji reliabilitas dengan hasil 36 butir pernyataan yang valid dari 50 pernyataan. Perhitungan dilakukan dengan menggunakan software program komputer yaitu My ESI Add-in Microsoft Excel 2013. Hasil dari perhitungan menyatakan reliabel karena nilai  lebih besar dari pada jumlah nilai   yaitu 0.771 > 0.700, kemudian dilakukan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-T menghasilkan data  <  dengan nilai  sebesar 1,029 dan  sebesar 1,992 sehingga hipotesis yang menyatakan ada perbedaan interaksi sosial antara siswa berasrama dan siswa tidak berasrama ditolak. Hasil uji hipotesis disimpulkan bahwa interaksi sosial antara siswa berasrama dengan siswa tidak berasrama di Smait Buahati Islamic School tidak memiliki perbedaan sesuai hasil dari perhitungan instrumen yang terbukti dari selisih persentase indikator kerjasama 2%, persaingan 3%, pertikaian 6% dan akomodasi 2%. Kata kunci: Interaksi Sosial, Siswa Berasrama dan Tidak Berasrama