Abstrak
ALFIA WINDA SARI. NIM 1401045012. Pengaruh Buku Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SDN Jatisampurna X Bekasi. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan membaca siswa dengan buku cerita bergambar. Metode penelitian yang digunakan adalah Post-Test Only Control Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sample Jenuh dari populasi siswa di SDN Jatisampurna X Bekasi Kelas II pada semester genap tahun ajaran 2017/2018 sampel sebanyak 70 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan membaca siswa berbentuk pilihan ganda. Instrumen penelitian diuji cobakan di SDN Jatisampurna VI Bekasi sebanyak 37 siswa. Pengujian validitas instrumen menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dan pengujian reliabilitas menggunakan rumus Kuder Richardson. Analisis prasyarat dengan menguji normalitas dan homogenitas data hasil kemampuan membaca menggunakan uji Lilliefors dan uji Fisher. Perhitungan uji normalitas kemampuan membaca siswa kelas II B (Kelas Eksperimen) diperoleh Lhitung dari ttabel maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan terima H1, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Buku Cerita Bergambar terhadap Kemampuan Membaca Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II SDN Jatisampurna X Bekasi.