Abstrak
ADINDA DEVINTA MULIA. Nim :1401045005. ?Pengaruh Intensitas Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SD Islam Plus Assa?adatain Gandul Cinere Depok Jawa Barat? Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Jakarta 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh antara intensitas komunikasi orang tua terhadap kepercayaan diri siswa SD Islam Assa?adatain cinere depok jawa barat. Metode penelitian yang diambil dengan menggunakan kuantitatif asosiatif. penentuan pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dari perhitungan tabel krejcie-morgan sehingga berjumlah 72 sampel. Perhitungan yang dilakukan menggunakan Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada subyek penelitian terlebih dahulu untuk dilakukan uji coba instrumen guna mengetahui validitas dan reliabilitas. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi Korelasi Pearson Product Moment didapat 28 soal yang valid untuk intensitas komunikasi dan 30 soal yang valid untuk kepercayaan diri dan 12 soal yang tidak valid untuk intensitas komunikasi dan 12 soal yang tidak valid untuk kepercayaan diri. Sedangkan uji coba reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha dengan nilai r11 0,8536 untuk intensitas komunikasi, dan nilai r11 0.8700 untuk kepercayaan diri dan rtabel 0,361 maka data dapat dikatakan reliabel. Hasil perhitungan uji normalitas yang menggunakan uji Liliefors angker intensitas komunikasi orangtua diperoleh Lhitung = 0,072 dan Ltabel = 0,104. Karena Lhitung < Ltabel maka H1 diterima. Sedangkan hasil uji Liliefors siswa menggunakan angket kepercayaan diri diperoleh Lhitung = 0,0039 dan Ltabel = 0,104. Karena Lhitung < Ltabel maka H1 diterima. Hal ini menandakan bahwa data yang tersebar antara kedua angket tersebut berdistribusi secara normal.Hasil perhitungan uji homogenitas yang menggunakan uji fisher, diperoleh harga Fhitung = 1,22 dan Ftabel = 1,47. Karena Fhitung < Ftabel, maka H0 diterima. Hasil perhitungan dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung ttabel (8,316 > 1,666), Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa diterima. Artinya, terdapat pengaruh dari intensitas komunikasi orang tua terhadap kepercayaan diri siswa di SD Islam Plus Assa?adatain.