Abstrak
ADINDA DEVINTA MULIA. Nim :1401045005. ?Pengaruh Intensitas
Komunikasi Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Siswa SD Islam Plus
Assa?adatain Gandul Cinere Depok Jawa Barat? Skripsi Program Studi
Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka,
Jakarta 2017.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh
antara intensitas komunikasi orang tua terhadap kepercayaan diri siswa SD Islam
Assa?adatain cinere depok jawa barat.
Metode penelitian yang diambil dengan menggunakan kuantitatif asosiatif.
penentuan pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dari
perhitungan tabel krejcie-morgan sehingga berjumlah 72 sampel. Perhitungan
yang dilakukan menggunakan Instrumen penelitian ini sebelum diberikan kepada
subyek penelitian terlebih dahulu untuk dilakukan uji coba instrumen guna
mengetahui validitas dan reliabilitas. Uji validitas menggunakan rumus Korelasi
Korelasi Pearson Product Moment didapat 28 soal yang valid untuk intensitas
komunikasi dan 30 soal yang valid untuk kepercayaan diri dan 12 soal yang tidak
valid untuk intensitas komunikasi dan 12 soal yang tidak valid untuk kepercayaan
diri. Sedangkan uji coba reliabilitas dengan menggunakan rumus alpha dengan
nilai r11 0,8536 untuk intensitas komunikasi, dan nilai r11 0.8700 untuk
kepercayaan diri dan rtabel 0,361 maka data dapat dikatakan reliabel.
Hasil perhitungan uji normalitas yang menggunakan uji Liliefors angker
intensitas komunikasi orangtua diperoleh Lhitung = 0,072 dan Ltabel = 0,104.
Karena Lhitung < Ltabel maka H1 diterima. Sedangkan hasil uji Liliefors siswa
menggunakan angket kepercayaan diri diperoleh Lhitung = 0,0039 dan Ltabel =
0,104. Karena Lhitung < Ltabel maka H1 diterima. Hal ini menandakan bahwa data
yang tersebar antara kedua angket tersebut berdistribusi secara normal.Hasil
perhitungan uji homogenitas yang menggunakan uji fisher, diperoleh harga Fhitung
= 1,22 dan Ftabel = 1,47. Karena Fhitung < Ftabel, maka H0 diterima. Hasil
perhitungan dengan menggunakan uji-t, diperoleh thitung ttabel (8,316 > 1,666),
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa diterima. Artinya, terdapat
pengaruh dari intensitas komunikasi orang tua terhadap kepercayaan diri siswa di
SD Islam Plus Assa?adatain.