Abstrak
Gusti Saputri : 1301045226 ?Perbedaan Hasil Belajar IPA antara Metode Discovery dan Metode Active Learning terhadap Siswa Kelas V SDN Sukapura 04 Jakarta Utara?. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof.DR.Hamka, Jakarta 2017. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar ipa antara metode discovery dan metode active learning terhadap siswa kelas V SDN Sukapura 04 Jakarta Utara, Tahun ajaran 2016/2017. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan desain penelitian Posttest-Only Control Group Design adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah siswa yang akan diteliti. Sampel penelitian terdiri dari siswa pada kelas discovery dan siswa pada kelas active learning. Teknik pengumpulan data dengan tes berbentuk soal pilihan ganda dengan 4 pilihan jawaban yang telah diuji melalui uji validitas dan realibilitas. Uji hipotesis menggunakan uji-t diperoleh dengan taraf signifikan 0,05 thitung sebesar 2,280 dan ttabel = 1,995. Karena thitung lebih besar dari pada ttabel maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan terima H1, maka hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa kelas V di SDN Sukapura 04 Jakarta Utara terhadap metode discovery dengan metode active learning. Kata Kunci : Model Pembelajaran Discovery dan Actice Learning Hasil Belajar IPA SD