Abstrak
Dinda Ainiza. Hubungan Interaksi Belajar Mengajar Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas IX Pada Mata Pelajaran Matematika di SMP Negeri 222 Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2016. Interaksi belajar mengajar merupakan proses hubungan timbal balik yang terjalin antara guru dengan siswa dan berlangsung dalam suatu ikatan untuk mencapai tujuan pendidikan dan pengajaran. Karena berhasil tidaknya tujuan pendidikan dan pengajaran pada dasarnya tergantung pada interaksi belajar mengajar guru dengan siswa di kelas dalam proses belajar mengajar. Interaksi belajar mengajar di kelas dikatakan berhasil apabila siswa mengalami perubahanperubahan dalam kebiasaan, kecakapan atau mencakup dalam tiga aspek, yaitu aspek pengetahuan, aspek sikap, dan aspek ketrampilan. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan interaksi belajar mengajar dengan motivasi belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 222 Jakarta Timur pada semester ganjil tahun ajaran 2016-2017. Populasi dalam penelitian berjumlah 216 siswa kelas IX, dan sampel penelitian berjumlah 54 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling dengan penentuan jumlah sebesar 25% dari jumlah populasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif Asosiatif. Setelah data berdistribusi nomal dan regresi linier berdasarkan uji normalitas dan uji linieritas regresi, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menghitung korelasi product moment. Dari hasil penelitian diperoleh sebesar 0,984 sedangkan sebesar 0,263. Sehingga > maka diterima. Oleh karena itu, dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat antara interaksi belajar mengajar dengan motivasi belajar siswa kelas IX pada mata pelajaran Matematika di SMP Negeri 222 Jakarta Timur. Kata Kunci: Interaksi Belajar Mengajar, Motivasi Belajar, Mata Pelajaran Matematika