Abstrak
Didik Masyhuri. Pengaruh Pola Asuh Orangtua Otoriter Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMPN 106 Jakarta. Skripsi, Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditemukannya dengan masalah kecerdasan emosional seperti siswa yang cenderung tidak toleran terhadap orang lain dan membenarkan pendapatnya sendiri dalam bersosialisasi dengan temanteman di lingkungan sekolah dan saling mengejek satu sama lain, Siswa perlu memiliki kecerdasan emosional yang tinggi untuk meningkatkan hasil belajar dan bersosialisasi kepada lingkungan. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Pola Asuh Orangtua Otoriter Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMPN 106 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kausal korelasi. Populasi penelitian ini sebanyak 288 Populasi tersebut dari 8 kelas dan sampel penelitian yaitu 40 siswa dengan teknik Randome Sampling Mengambil sampel 15% dari populasi sehingga total sampel pada penelitian ini sebanyak 40 siswa. Berdasarkan hasil perhitungan asumsi Lilifors dengan taraf signifikan 0,05, variabel x memperoleh Lhitung sebesar 2,2681 dan variabel y memperoleh Lhitung serata Ltabel sebesar 0,140, sehingga H1 diterima (normal). Pengujian linearitas dilakukan dengan uji F dengan Fhitung sebesar 1,77 dan Ftabel sebesar 1,69 sehingga H1 diterima (linier). Uji t memperoleh hasil sebesar 15,288 dengan ttabel sebesar 2,021, t hitung = 15,288 > t tabel = 2,021. Sehingga H1 diterima (ada pengaruh). Oleh karena t hitung > t tabel, hasil penelitian ini disimpulkan ada Pengaruh Pola Asuh Orangtua Otoriter Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII SMPN 106 Jakarta. Kata Kunci: pola asuh otoriter, kecerdasan emosi, siswa.