Abstrak
DHIA ROHADATUL ?AISY HADI. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Tugas terhadap Pemahaman Perilaku Bullying Siswa Kelas VIII di MTS Negeri 12 Jakarta. Skripsi. Jakarta : Program Studi Bimbingan dan Konseling Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2018. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman siswa tentang perilaku bullying yang masih kurang. Kurangnya pemahaman siswa tentang perilaku bullying menyebabkan bullying masih terjadi di lingkungan sekolah, siswa masih beranggapan bahwa bullying itu hanya sebagai lelucon saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok tugas terhadap pemahaman perilaku bullying siswa kelas VIII di MTs Negeri 12 Jakarta. Penelitian menggunakan metode pre eksperimen denga bentuk one group pretest-posttest design, dengan teknik pengambilan sampel purposive. Sampel diperoleh sebanyak 10 orang untuk diberikan treatmen melalui Bimbingan Kelompok sebanyak 4 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan rumus uji Wilcoxon Jenjang bertanda atau Wilcoxon Signed Rank Test, dengan hipotesis nihil (𝐻𝑜) ditolak yang berimplekasi pada penerimaan hipotsis alternatif (𝐻𝑎). Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh dari layanan bimbingan kelompok tugas terhadap pemahaman perilaku bullying siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil pretest dan posttest siswa. Berdasarkan Hasil perhitungan yang dilakukan peneliti dengan menggunakan perhitungan Jenjang Bertanda Wilcoxon atau Wilcoxon?s Signed Rank Test diperoleh 𝑍ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 sebesar -1,599 dan 𝑍𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 sebesar 1,960. Maka dengan demikian 𝑍ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 < 𝑍𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 yaitu -1,599 < 1,960 yaitu Ha diterima. Kata Kunci : Perilaku Bullying, Pemahaman, Bimbingan Kelompok Tugas