Abstrak
Delita Viani. Hubungan Konformitas dengan Konsep Diri Peserta Didik Kelas X SMK PERTIWI Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan konformitas dengan konsep diri peserta didik kelas X SMK PERTIWI.. Permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini karena peneliti melihat banyak siswa yang melakukan konformitas negatif sehingga penulis ingin meneliti. Hasil penelitian dari populasi berjumlah 120 siswa dengan menggunakan sampel sebanyak 36 siswa dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif asosiatif. Setelah data berdistribusi nomal dan regresi linier berdasarkan uji normalitas dan uji linieritas regresi, dilanjutkan dengan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan menghitung korelasi product moment. Dari hasil yang diperoleh rhitung sebesar 0,75 lebih besar dari rtabel 0,329. Sehingga rhitung> rtabel maka Ha diterima karena siswa memiliki konsep diri yang negatif, sehingga lebih banyak melakukan konformitas yang negatif juga. Kesimpulannya ada hubungan yang signifikan pada konformitas dengan konsep diri ketika siswa melakukan konformitas akan dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah pengalaman, ketika siswa bersosialisasi dengan lingkungan sekitarnya dan kemudian orang lain memberikan pendapat-pendapat negatif tentang dirinya maka siswa akan cenderung memiliki konsep diri yang negatif. Kata Kunci: Konformitas, Konsep Diri