Abstrak
Asyifa Latifah Hanum. NIM 1401045036. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri Susukan 08 Pagi Jakarta Timur. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap hasil belajar IPSpada Siswa Kelas V SD Negeri Susukan 08 Pagi Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Susukan 08 Pagi Jakarta Timur pada semester 2 tahun ajaran 2017-2018. Populasi penelitian ini berjumlah 59 orang siswa yang terdiri dari kelas eksperimen berjumlah 30 siswa dan kelas kontrol berjumlah 29 siswa. Teknik sampling yang digunakan yaitu sampling jenuh. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif komparatif. Setelah data berdistribusi normal berdasarkan perhitungan uji normalitas, selanjutnya pengujian kesamaan variansi dari setiap kelas atau uji homogenitas. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas menggunakan uji Liliefors, untuk kelas eksperimen didapat Lhitung= 0,1153 < 0,161 = Ltabel, sedangkan kelas kontrol Lhitung = 0,1100 < 0,161 =Ltabel dengan taraf signifikansi α = 0,05. Uji homogenitas menggunakan uji Fisher, diperoleh Fhitung= 1,178 < 1,87 = Ftabel dengan taraf signifikansi α = 0,05. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t, didapat thitung = 2,179 > 2,000 = ttabel, yang berarti Ho ditolak. Oleh karena itu, hasil penelitian ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) terhadap hasil belajar IPS pada Siswa Kelas V SD Negeri Susukan 08 Pagi Jakarta Timur. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).