Abstrak
Asep Rohimat. 1401045034. Pengaruh Penggunaan Metode Membaca Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III di SDN Pekayon 16. Skripsi. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dalam penggunaan metode membcaca terbimbing terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III di SDN Pekayon Jakarta Timur. Penelitian ini dilaksanakan pada tahun ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode true experiment design dengan subjek dipilih secara acak dan dibagi menjadi dua kegiatan yaitu di kelas kontrol dan eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple jenuh dengan sampel penelitian 30 siswa di kelas III A, 30 siswa di kelas III B, 28 siswa kelas III C dan 30 siswa di kelas III D, sehingga keseluruhan populasi menjadi 118 siswa. Instrumen berupa tes soal pilihan ganda yang diberikan pada siswa kelas III A sebagai kelas eksperimen, dan siswa kelas III B sebagai kelas kontrol. Uji validitas instrumen dengan menggunakan rumus Korelasi Point Biserial dengan hasil 30 soal valid dan 10 soal drop, sedangkan uji reliabilitas dengan rumus KR-21 diperoleh rhitung (0,882) ≥ rtabel (0,374), maka instrumen reliabel. Data yang diperoleh terlebih dahulu di uji normalitasnya dengan menggunakan uji Liliefors. Uji homogenitas pada penelitian ini menggunakan uji Fisher dan diperoleh Fhitung < Ftabel (1,331 < 1,86), maka H0 diterima yang artinya kedua kelompok data mempunyai varians yang sama atau homogen. Selanjutnya pada teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu dengan uji-t, pada taraf signifikan = 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 29. Uji analisis data dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 7,73 > ttabel = 2,002, maka H0 yang menyatakan ditolak dan tidak terdapat pengaruh, sedangkan H1 yang menyatakan diterima dan terdapat pengaruh penggunaan metode membaca terbimbing terhadap hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas III. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan metode membaca terbimbing terhadap hasil belajar bahasa Indonesia kelas III SDN Pekayon 16 Jakarta Timur. Kata Kunci: Metode Membaca Terbimbing, Hasil Belajar Bahasa Indonesia