Abstrak
Arisa Prilia Safitri. 1401045033 ?Perbedaan Menggunakan Model Pembelajaran Time Token Dengan Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Pulogadung 06 Pagi Jakarta Timur?. Skripsi Jakarta Fakultas Keguruuan Dan Ilmu Pendidikan Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Jakarta. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan model pembelajaran Time Token dengan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar IPS di SDN Pulogebang 06 Pagi, Jakarta Timur, semester II 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian yaitu teknik Sampling Total dengan sampel penelitian sebanyak 60 siswa, yang terdiri dari 30 siswa pada kelas VA sebagai kelas eksperimen I dengan pengajaran menggunakan model pembelajaran Time Token dan 30 siswa pada kelas VB sebagai kelas eksperimen II dengan menggunakan model pembelajaran Pro blem Based Learning(BPL). Pengujian validitas menggunakan rumus Korelasi Point Biserial (rpbi), diperoleh hasil 30 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid atau drop. Pengujian reliabilitas dengan menggunakan rumus KR-20 diperoleh = 0,866 > = 0,349. Uji normalitas menggunakan lilifors dan uji homogenitas menggunakan uji fisher. Hasil uji normalias untuk kelas eksperimen I diperoleh = 0,147 < = 0,161 dan pada kelas eksperimen II diproleh = 0,0822 < = 0,161 data kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. . Uji homogenitas dengan menggunakan uji Fisher pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Fhitung = 10,949 < Ftabel = 1,86, maka dapat disimpulkan kedua kelas bersifat homogen. Uji hipotesis menggunakan uji-t didapat 4,13 > = 2,00 karena > maka yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan menggunakan model pembelajaran Time Token. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan menggunakan model pembelajaran Time Token terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Pulogebang 06 Pagi Jakarta Timur. Kata Kunci : Model Pembelajaran Time Token dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar IPS.