Abstrak
ANITA. NIM: 1401045028. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SDN Cilangkap 01 Pagi Jakarta Timur. Jakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III di SDN Cilangkap 01 Pagi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Cilangkap 01 Pagi Jakarta Timur pada semester II 2017/1018. Metode Penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental Design bentuk yang di gunakan yaitu One Group Pre-test Post-test Design, populasi ini berjumlah 62 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling. Sampel penelitian ini terdiri dari 32 siswa. Peneliti hanya menggunakan satu kelas untuk dijadikan penelitian, dimana peneliti memberikan tes awal (Pre-Test) kemudian dilanjutkan dengan memberikan perlakuan dengan menggunakan model Group Investigation serta diberikan test akhir (Post-test). Teknik pengumpulan data dengan cara memberikan instrumen tes yang berbentuk soal pilihan ganda dengan pilihan jawaban yang telah diuji dengan melalui uji validitas dan uji reliablitas. Lalu, data yang diperoleh dianalisis dengan dilakukan uji normalitas yang menggunakan uji Liliefors Galat Taksiran dan dilanjutkan dengan uji homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t dan diperoleh thitung = 3,603 dan ttabel = 1,694 dengan taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan (dk) = 32. Setelah dilakukan pengujian kedua, diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔= 3,603 dan ttabel = 2,450dengan taraf signifikan α = 0,01, dan derajat kebebasan (dk) 32. Setelah keduanya dilakukan pengujian dengan taraf signifikan yang berbeda yaitu 0,05 dan 0,01 dan diperoleh 𝑡ℎ𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔>𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙, maka 𝐻0 ditolak dan 𝐻1diterima.Oleh karena itu, hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Group Investigationterhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas III di SDN Cilangkap 01 Pagi.