Abstrak
Anita Purwonegoro. NIM: 1401045030. Pengaruh Metode Eksperimen Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa kelas V SDN Kaliabang Tengah III. Skripsi. Jakarta : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA siswa kelas V dengan diterapkannya metode eksperimen. Peneitian ini dilaksanakan di SDN Kaliabang Tengah III pada semester II tahun ajaran 2017/2018. Sampel penelitian ini meliputi kelas V berjumlah 33 siswa yang diambil melalui random sampel. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang menggunakan One Grup Pretest-Posttest Design. Hasil data penelitian, menghitung validitas menggunakan Korelasi Product Moment diperoleh 20 soal yang valid dan 10 soal yang tidak valid (drop). Menguji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach diperoleh rhitung = 0,843 > rtabel = 0,349, maka instrumen dinyatakan reliabel dan dapat digunakan sebagai alat ukur tes hasil belajar. Hasil perhitungan uji normalitas menggunakan Liliefors dalam kelompok pretest diperoleh nilai Lhitung = 0,1441 < Ltabel = 0,1542. Pada kelompok posttest diperoleh nilai Lhitung = 0,1075 < Ltabel = 0,1542, maka kedua kelompok tersebut berdistribusi normal. Uji homogenitas hasil tes menggunakan uji Fisher, diperoleh Fhitung = 1,11 < Ftabel = 1,82, maka dapat disimpulkan bahwa varians kedua kelompok adalah homogen. Dalam menguji hipotesis yang telah dirumuskan, maka dilakukan perhitungan dengan uji-t. dari hasil perhitungan diperoleh thitung = 17,541 > ttabel = 1,998, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian, berarti terdapat pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Kaliabang Tengah III.