Abstrak
M Imam Hamdani, Pengaruh Layanan Electrnic Banking Terhadap
Tingkat Kepuasan Nasabah Dalam Bertransaksi Di Bank Syariah Mandiri
Cab.Rawamangun. Program Studi Perbankan Syariah. Fakultas Agama Islam
Universitas Prof. Dr. Hamka.
Penulis melakukan penelitian dalam ruang lingkup pengaruh layanan ebanking
pada tingkat kepuasan nasabah dalam bertransaksi. Layanan e-banking
mana yang mepengaruhi tingkat kepuasan nasabah dalam ber-transaksi. Layanan
e-banking diciptakan untuk mempermudah nasabah untuk melakukan transaksi.
Dengan ada nya e-banking nasabah tidak perlu repot-repot datang ke bank untuk
melakukan transksi. Ada beberapa jenis layanan e-banking seperti atm, mobile
banking dan net banking. Dari ketiga jenis layanan e-banking mempunyai cara
melakukan transaksi yang berbeda dan mempunyai kekurangan dan kelebihan nya
masing-masing. Untuk mencari tahu layanan e-banking mana yang mepengaruhi
tingkat kepuasan nasabah dalam bertransaksi. Penelitian ini menggunakan skala
likert, yaitu menghadapkan responden pada pertanyan nasabah tentang tingkat
kepuasan nasabah terhadap layanan e-banking. Karna skala likert digunakan untuk
mengukur seberapa puas nasabah menggunakan atm, mobile banking dan net
banking. Dalam penelitian, puas atau tidaknya suatu layanan akan ditentukan oleh
yang menggunakanya yaitu nasabah bank itu sendiri yang ditetapkan secara
spesifik oleh peneliti, yang selanjutnya disebut sebagai variable penelitian. Dalam
skala likert, maka variable yang diukur akan dijabarkan menjadi indicator variable
yang kemudian indicator tersebut dijadikan titik tolak untuk menyusun item-item
instrument yang didapat berupa pertanyaan atau pernyataan, bentuk standart skala
likert adalah 1-5, dengan alternative jawaban yaitu sangat setuju, setuju, raguragu,
tidak setuju, sangat tidak setuju.