Abstrak
Rizki Cahyadi, Analisis SWOT Pembiayaan Warung Mikro PT Bank Syariah Mandiri. Skripsi, Program Studi Perbankan Syariah, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Penulis melakukan penelitian dalam ruang lingkup pembiayaan warung mikro PT Bank Syariah Mandiri. Hal ini bertujuan untuk menganalisis faktor strategis perusahaan baik dari segi internal yaitu kekuatan dan kelemahan maupun dari segi eksternal yaitu peluang dan ancaman yang dimiliki oleh pembiayaan warung mikro Bank Syariah Mandiri dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Dengan menggunakan teknik analisis SWOT dimana penulis mencoba menganalisis faktor strategis perusahaan baik dari segi internal maupun eksternal dengan menggunakan tabel IFAS dan EFAS serta Matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa pembiayaan warung mikro Bank Syariah Mandiri berada dalam kondisi grow, sehingga mempunyai kondisi yang kuat dan berpeluang, oleh karena itu rekomendasi yang diberikan adalah ofensif, maksudnya Warung Mikro Bank Syariah Mandiri mempunyai kekuatan dan peluang yang cukup tinggi untuk memperluas pangsa pasar dan menambah jumlah nasabah mikronya. Selain itu juga terdapat beberapa strategi yang perlu dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri dalam meningkatkan produktifitas dan penguatan pembiayaan warung mikro, diantaranya mengoptimalkan penyaluran pembiayaan dan memaksimalkan pangsa pasar yang ada, meningkatkan jaringan untuk mengembangkan potensi usaha dengan inovatif agar mampu meningkatkan daya saing, serta memberikan pelatihan sistem teknologi dan informasi bagi para nasabah mikro agar mampu meningkatkan produktifitas usahanya dan bersaing secara global