Abstrak
5 ABSTRAK Dalam dunia perbankan sudah mengalami pertumbuhan lembaga keuangan syariah yang cukup pesat seperti bank-bank syariah dan asuransi syariah. Oleh karena itu, pentingnya lembaga keuangan ini guna mengelola keuangan dengan benar dalam rangka mengantisipasi keadaan-keadaan dimana uang akan sangat dibutuhkan. Tak ada manusia yang tahu apa yang akan terjadi pada dirinya, juga tidak ada yang menjamin bahwa selamanya hidup seseorang akan baik-baik saja, suatu saat pasti seseorang akan menghadapi masalah atau kondisi yang tidak diinginkan dalam hidupnya, seperti mengalami musibah-musibah. Dalam hal ini, asuransi syariah dapat menjadi salah satu alternatif pilihan. Dalam perasuransian perusahaan dan seorang agen asuransi merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Seorang agen sangat memegang peran penting dalam menjalankan roda kehidupan perusahaan. Apabila seorang agen memiliki kecakapan, kemampuan, dan keterampilan khusus dalam menawarkan asuransi syariah kepada peserta asuransi, maka laju roda pun akan berjalan dengan pesat, yang akhirnya akan memicu meningkatnya perkembangan usaha perasuransian terutama di Indonesia. Di sisi lain, bagaimana mungkin roda perusahaan berjalan dengan baik, kalau seorang agen asuransi tidak bertugas sesuai dengan tugasnya, artinya agen tidak memiliki pengetahuan khusus dalam memahami produk asuransi syariah, kurangnya percaya diri dalam memasarkan program asuransi kepada masyarakat, serta tidak memiliki akhlak dan kepribadian yang baik dalam menjaga segala tindakannya. Berdasarkan pengalaman dan dari beberapa buku yang pernah saya baca, biasanya peserta asuransi/ pemegang polis menyebutkan bahwa alasan mereka membeli polis karena atas kualitas penjual atau disebut dengan agen asuransi. Maka jadilah seorang agen yang professional yang dapat berperan sebagai penasihat yang baik, memiliki wawasan,dan memiliki pengetahuan akan produk yang baik. Dengan demikian, seorang agen asuransi akan berusaha meningkatkan berbagai pengetahuan yang menunjang profesinya, terutama dalam meningkatkan minat peserta asuransi. Sebaliknya jika agen asuransi yang tidak profesional, cenderung akan mengalami kegagalan karena agen asuransi masih sangat kurang dalam memberikan informasi atas produk yang ditawarkan, dan tidak berkomunikatif dengan baik, sehingga gagal dalam menanamkan kepercayaan kepada prospek. Untuk itu merupakan keharusan bagi seorang agen asuransi untuk mengenali faktor-faktor apa saja yang dapat meningkatkan minat peserta asuransi dengan tercapainya kepuasan atas pelayanan yang diberikan oleh agen asuransi. Banyak perusahaan asuransi berkeyakinan bahwa agen asuransi merupakan ujung tombak keberhasilan, sehingga perusahaan sangat memerlukan peran agen dalam menjual jasa asuransi. Dengan demikian, bertambahnya jumlah 6 peserta asuransi yang berminat, maka tentu saja akan memicu perkembangan usaha perasuraansian di Indonesia. Tetapi hal ini bukan berarti bagian-bagian lain dalam perusahaan asuransi tidak penting. Banyak faktor lain peserta asuransi menggunakan jasa asuransi syariah, diantaranya adalah produknya yang berkualitas, dan kebijakan perusahaan yang benefit dalam menjaga kepercayaan/ amanah para peserta asuransi. Untuk terjadinya peningkatan minat peserta asuransi, perusahaan perlu mengetahui apakah agen asuransi sudah berhasil dalam menjalankan dengan pekerjaan mereka ataukah tidak, dan sudahkah lembaga atau perusahaan memenuhi tanggung jawabnya kepada peserta asuransi, sehingga peserta asuransi merasa puas akan pelayanan yang diberikan oleh perusahaan yang dipercayai Penelitian dilakukan pada PT. AJB Bumiputera Div. Syariah mempunyai peran penting dalam meningkatkan minat peserta asuransi. Lokasi penelitian yang saya ingin lakukan ialah Jl. Wolter Monginsidi No. 84-86 Kebayoran Baru Jakarta Selatan 12170. Untuk memecahkan masalah, penulis menggunakan 2 ( dua ) metode. Pertama metode pengumpulan data berupa penelitian lapangan (Field Reseach) untuk memperoleh Data Primer dengan memperoleh data langsung dari sumbernya (hasil dari penelitian lapangan) dengan melakukan wawancara dengan pihak terkait adalah bagian agen asuransi dan bagian pemasaran. Selain itu, penulis melakuakan penelitian kepustakaan (Library Reseach) yakni memperoleh Data Sekunder dengan melakukan kunjungan keberbagai perpustakaan untuk mendapatkan data dari berbagai literatur.