Abstrak
Bank Tabungan Negara Syari?ah (Bank BTN Syari?ah) adalah bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara) yang merupakan lembaga keuangan makro syari?ah yang bergerak di bidang perekonomian masyarakat. Sehingga bank BTN Syaria?ah sangat berperan karena fungsinya yang strategis di masyarakat dalam rangka meningkatkan taraf hidup masyarakat. Bank BTN Syari?ah memiliki dua tugas yang signifikan yakni menghimpun dana dari masyarakat (Funding) dan menyalurkan kembali ke masyarakat yang membutuhkan (Financing). Bank BTN Syari?ah tentu memiliki produk-produk baik dalam pendanaan (Funding) dan pembiayaan (Financing), khususnya dalam pendanaan yakni produk Tabungan Haji Baitullah yang tidak terlalu berkembang dari produk tabungan lain. Masalah tersebut muncul karena beberapa faktor penghambat: Pertama, informasi yang berkembang di masyarakat, masih sangat terbatas pemahaman tentang bank yang membuat masyarakat Islam masih tertuju hanya pada masalah bunga bank yang di pandang sebagian masyarakat bahwa bunga bank sama dengan riba yang di haramkan dalam Islam. kedua, promosi yang kurang maksimal, dan lain-lain. Hal-hal tersebut menjadi perhatian khusus bank BTN Syari?ah, untuk itu diperlukan suatu penelitian terhadap produk Tabungan Haji Baitullah agar lembaga keuangan tersebut bisa mengetahui dan memahami kekuatan, kelemahan, kesempatan, dan tantangan apa yang akan di hadapi pada hari-hari kedepan serta strategi yang akan digunakan dalam rangka peningkatan produk Tabungan Haji Baitullah. Data yang dikumpulkan adalah data yang di dapat dari hasil wawancara dan observasi serta di analisis menggunakan Analisis SWOT. Dari hasil yang di peroleh bahwa produk Tabungan Haji Baitullah pada bank BTN Syari?ah akan lebih berkembang dan banyak menarik minat masyarakat untuk memiliki produk tabungan tersebut. Tentu saja hal ini dapat dicapai jika kelemahan-kelemahan yang ada dapat dibenahi dan ancaman-ancaman kedepan dapat dihadapi dengan baik.