Abstrak
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis atau membuktikan seberapa besar pengaruh komunikasi pemasaran Bank Eksternal, Interaktif, dan Internal terhadap Peningkatan Jumlah Nasabah Pembiayaan Dana Berputar di Bank Syariah Mandiri Cabang Pondok Indah dan variabel mana yang berpengaruh dominan terhadap peningkatan jumlah nasabah pembiayaan dana berputar antara komunikasi pemasaran bank eksternal, interaktif dan internal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data yang dilakukan penulis dengan cara menyebar kuesioner. Penulis menggunakan metode regresi liniear berganda. Berdasarkan hasil analisis data yang diteliti maka persamaan regresinya yaitu Y = 5.650+ 0,098 X1 - 0,043 X2 + 0,758 X3 + e Nilai thitung komunikasi pemasaran bank eksternal 0.457 sehingga thitung < ttabel (0.457> 1.812) maka Ho diterima atau tidak terdapat pengaruh komunikasi pemasaran bank eksternal terhadap peningkatan jumlah nasabah pembiayaan dana berputar. Nilai thitung komunikasi pemasaran bank interaktif 0.214 sehingga thitung > ttabel (0.214 > 1.812) maka Ho diterima atau tidak terdapat pengaruh komunikasi pemasaran bank interaktif terhadap peningkatan jumlah nasabah pembiayaan dana berputar dan Nilai thitung komunikasi pemasaran bank internal 6.237 sehingga thitung > ttabel (6.237 < 1.812) maka Ha diterima atau terdapat pengaruh komunikasi pemasaran bank internal terhadap peningkatan jumlah nasabah pembiayaan dana berputar.