Abstrak
Penulis melakukan penelitian dalam ruang lingkup Total Quality Manajemen di BPRS Berkah Ramadhan. Hal ini bertujuan untuk menganalisis faktor strategis perusahaan baik dari segi internal yaitu kekuatan dan kelemahan maupun dari segi eksternal yaitu peluang dan ancaman yang dimiliki oleh kualitas manajemen di BPRS Berkah Ramadhan dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat. Dengan menggunakan teknik analisis SWOT dimana penulis mencoba menganalisis faktor strategis perusahaan baik dari segi internal maupun dari segi eksternal dengan menggunakan faktor IFAS dan EFAS serta MATRIKS SWOT berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa tingkat kualitas manajamen yang ada masih terfokus kepada empat elemen yaitu fokus pada pelanggan, kerja sama tim, pendidikan serta pelatihan, dan perbaikan berkesinambungan. Dalam hal ini terdapat pengaruh yang besar sekali, pengaruh TQM dalam meningkatkan jumlah nasabah pada BPRS Berkah Ramadhan, oleh karena itu TQM sangat penting didalam perusahaan ini agar bisa bersaing secara kompotitif dalam meningkatkan jumlah nasabah, dengan cara pelayanan yang baik terhadap pelanggan, harapan pelanggan bisa disesuaikan, dan kebutuhan pelanggan bisa dilayani dengan sebaik mungkin.