Abstrak
Penelitian ini ditunjukan untuk mengetahui sejauh mana hubungan konformitas teman sebaya terhadap tindakan perilaku kecenderungan pembelian impulsif produk distro dimana penelitian ini di tunjukan kepada para konsumen distro dan sekolompok teman sebaya yang suka membeli produk distro. Penelitian ini melibatkan 150 subjek. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitan ini adalah teknik insidentil. Alat yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode skala likert. Penelitian ini menggunakan dua buah instrumen penelitian yakni skala konformitas teman sebaya berdasarkan Sears (1985) yang dimodifikasi oleh Reny Sugiyanto (2014) dan skala kecenderungan pembelian impulsif dari Aulia Wika & Juneman (2013). Koefisien korelasi dari taraf penelitian ini adalah r = 0,339** dan signifikansi 0,000 Berdasarkan hasil analisa data terdapat hubungan positif dan signifikan antara konformitas teman sebaya dengan kecenderungan pembelian impulsif. Hal ini dapat diketahui dengan adanya uji korelasi antara dua variabel tersebut yakni 0,339** . Nilai signifikan antara konformitas teman sebaya dan kecenderungan impulsif. Hal ini menunjukan semakin tinggi individu menunjukan konformitas teman sebaya maka semakin tinggi pula perilaku kecenderungan pembelian impulsif pada produk distro.