Abstrak
Gaya belajar adalah cara yang kompleks di mana para mahasiswa menganggap dan merasa paling efektif dan efisien dalam memproses, menyimpan dan memanggil kembali apa yang telah mereka pelajari. Prestasi Belajar adalah bukti peningkatan atau pencapaian yang diperoleh seorang mahasiswa sebagai pernyataan ada tidaknya kemajuan atau keberhasilan dalam program pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa/i fakultas psikologi sebanyak 66 orang. Pada penelitian ini skala yang di gunakan sebagai alat ukur, yaitu Learning Style Questionnaire Honey and Mumford yang disusun berdasarkan teori Honey and Mumford dan metode dokumentasi berupa nilai IPK mahasiswa/i. Pengolahan data pada penelitian ini menggunakan metode One-way Anova. Berdasarkan hasil analisa data, didapat dari output diatas bahwa koefisien (f) adalah sebesar 1,083 dengan sig 0,363. Tabel distribusi f dicari pada á = 5% yang diperoleh hasil perhitungan (df1=k-1) df1=4-1=3 dan (df2=n-k) df2= 66-4=62; maka f tabel sebesar 2,75; f tabel>f hitung (2,75>1,083). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan gaya belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa.