Abstrak
Penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsiefektivitas kepemimpinan dan gaya komunikasi organisasi dengan komitmen organisasi. Penelitian ini menggunakan metode Probality sampling dengan melibatkan 162 subjek yang terbagi atas 5 daerah ranting se DKI Jakarta. Data yang Terkumpul diuji validitas dengan metode analisis faktor dan diuji releabilitas dengan koefisien alpha (cronbach alpha), dimana hasilnya seluruh data dinyatakan valid dan reliabel. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitaif dengan uji t dan f sebagai cara untuk menganalisa data penelitian.
penelitian ini menggunakan tiga buah instrumen penelitian yaitu persepsi efektivitas kepemimpinan yang diadaptasi dai penelitian gabungan Harrison, Murray, and Cornforth (2012), management communication scale (MCS) yang diadaptasi dari Richmond dan McCroskey (2013), dan komitmen organisasi yang diadaptasi dari Porter dkk. (196). Hasil dari analisis dan pembahasan menunjukan bahwa:
1. Persepsi efektivitas kepemimpinan berhubungan positif dengan komitmen organisasi
2. Gaya komunikasi organisasi berhubungan positif dengan komitmen organisasi
3. persepsi efektivitas kepemimpinan dan gaya komunikasi organisasi berhubungan positif dengan komitmen organisasi