Abstrak
Hubungan Antara Kecerdasan Emosional dengan Kinerja Guru Sekolah
Menengah Kejuruan Negeri 45 Jakarta
emosional dengan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 45 Jakarta.
Penelitian menggunakan metode survei dengan melibatkan sampel penelitian 47
guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dalam bentuk
skala model Likert. Data dianalisis menggunakan rumus korelasi Product Moment
Pearson yang perhitungannya dilakukan secara komputer dengan program SPSS
versi 16.0. Hasil penelitian menunjukan bahwa kecerdasan emosional memiliki
hubungan positif dan signifikan dengan kinerja guru, yang ditunjukkan oleh nilai
koefisien korelasi sebesar 0,419 dan nilai signifikansi sebesar 0,003 (<0,05).
Kesimpulan penelitian adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara
kecerdasan emosional dan kinerja guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 45
Jakarta. Ini berarti bahwa peningkatan kinerja guru dapat dilakukan dengan cara
memperbaiki kecerdasan emosional guru melalui peningkatan pemahaman guru
tentang kecerdasan emosional melalui penyelenggaraan pelatihan.
Kata kunci: Kecerdasan Emosional, Kinerja, Guru