Abstrak
WRESNI PUJIYATI. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Guru Dengan Etos Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kecamatan Karawang Barat. Tesis : Sekolah Pascasarjana Universitas Prof. DR. Hamka, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mengetahui hubungan antara Gaya Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dan Disiplin Kerja Guru Dengan Etos Kerja Guru Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kecamatan Karawang Barat. Hipotesis yang diuji adalah : (1) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan etos kerja guru (2) terdapat hubungan positif antara disiplin kerja guru dengan etos kerja guru (3) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah dan disiplin keja guru secara bersama-sama dengan etos guru. Penelitian dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kecamatan Karawang Barat dengan metode penelitian penyebaran quesioner populasi penelitian berjumlah 156 orang, sedangkan sampel penelitian berjumlah 112 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi. Angket gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah, disiplin kerja guru, dan etos kerja guru divalidasi dengan rumus korelasi product moment, sedangkan reliabilitas diukur dengan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan teknik korelasi dan regresi. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa : (1) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan (X1) dan etos keja guru (Y) dengan koefisien korelasi r y1 = 0,663 pada taraf signifikansi α 0,05 dan persamaan regresi Ŷ = 41,553 + 0,634 X1 ; (2) terdapat hubungan positif antara disiplin keja guru (X2) dan etos kerja guru (Y) dengan koefisien korelasi r y2 = 0,599 pada taraf signifikansi α 0,05 dan persamaan regresi Ŷ = 71,162 + 0,471 X2 dan (3) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dan disiplin kerja guru(X2) secara bersama-sama dengan etos kerja guru (Y) dengan koefisien korelasi R y12 = 0,239 pada taraf signifikansi α 0,05 dan persamaan regresi ganda (multiple) Ŷ = 31,866 + 0,446X1 + 0,272X2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan transformaisonal kepala sekolah(X1) dan etos kerja guru (Y) Sekolah Menengah Kejuruan Swasta di Kecamatan Karawang Barat; (1) terdapat hubungan positif antara disiplin kerja guru (X2) dengan etos kerja guru (Y) Sekolah Menegah Kejuruan Swasta di Kecamatan Karawang Barat; (3) terdapat hubungan positif antara gaya kepemimpinan transformasional kepala sekolah (X1) dan disiplin kerja guru (X2) secara bersama-sama dengan etos kerja guru (Y) Sekolah Menengah Kejuruan di Karawang Barat.