Abstrak
SARMAN. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri Di Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan. Tesis. Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2012 Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan analisis mengenai pengaruh (1) supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) motivasi kerja terhadap kinerja guru dan (3) supervisi kepala sekolah terhadap motivasi kerja Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung positip supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positip motivasi kerja terhadap kinerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung positip supervisi kepala sekolah terhadap motivasi kerja Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SDN di Kecamatan Pasar Minggu berjumlah 130 orang guru. Sampel berjumlah 75 orang guru dengan menggunakan teknik acak sederhana (Simple Random Sampling) Instrumen yang digunakan untuk menjaring data veriabel kinerja guru, supervisi kepala sekolah dan motivasi kerja dengan angket model skala Likert. Uji Validitas dihitung dengan rumus Product Moment dan Keterandalannya (Reliabilitas) dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel kinerja guru sebesar r11 = 0,9328; hasil uji coba untuk variabel supervisi kepala sekolah sebasar r11 = 0,9199; dan hasil uji coba untuk variabel motivasi kerja sebesar r11 = 0,9455. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, dan analisis jalur Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, dengan persamaan regresi = 14,57 + 0,89X1, koefesien korelasi sebesar r13 = 0,830; dan koefesien jalur p31 sebesar 0,522; pada taraf signifikansi α = 0,05. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja terhadap kinerja guru, dengan persamaan regresi = 21,13 + 0,95X2, koefesien korelasi sebesar r23 = 0,803; dan koefesien jalur p32 sebesar 0,391 pada taraf signifikansi α = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif supervisi kepala sekolah terhadap motivasi kerja, dengan persamaan regresi = 18,99 + 0,73X1 koefesien korelasi sebesar r12 = 0,795; dan koefesien jalur p21 sebesar 0,795; pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini berguna bagi peningkatan kinerja guru dengan cara meningkatkan supervisi kepala sekolah (X1) dan motivasi kerja (X2)