Abstrak
DAVID SOCIA . Pengaruh Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri Sukapura Jakarta Utara. Tesis. : Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang pengaruh langsung: (1) Kemampuan Manajerial kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) Iklim Organisasi Sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (3) Kemampuan Manajerial kepala sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah. Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung positif kemampuan Manajerial kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) terdapat pengaruh langsung positif Iklim Organisasi Sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (3) terdapat pengaruh langsung positif kemampuan Manajerial kepala sekolah terhadap Iklim Organisasi Sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Populasi target dalam penelitian adalah seluruh guru Sekolah Dasar Negeri di Jakarta Utara, populasi terjangkau adalah Guru Sekolah Dasar di kecamatan Cilincing, kecamatan Cilincing sebanyak 147 guru. Sedangkan jumlah sampel penelitian sebanyak 72 orang dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner model skala Likert. Analisis validitas dan reliabilitas dalam penelitian dihitung dengan bantuan Sofware SPSS versi 18. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial. Pengujian persyaratan statistik meliputi pengujian normalitas menggunakan uji Skewness, Kurtosis dan Kolmogorov-Smirnove dan pengujian homogenitas menggunakan uji probalitas signifikan. Hasil pengujian persyaratan statistik menunjukkan bahwa data dari ketiga variabel berdistribusi normal dan bersifat homogen. Pengujian hipotesis menggunakan pengujian regresi linear, koefisien korelasi dan koefisien determinasi. Uji keberartian menggunakan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung positip kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi linear 3 = 75,707 + 0,328X1 dan koefisien jalur r13 sebesar 0,304 dan koefisien determinasi sebesar 0,92, sehingga kontribusi variabel X1 terhadap X3 sebesar 9,2% pada taraf α = 0,05, koefisien jalur p31 = 0,305. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif iklim organisasi sekolah terhadap kepuasan kerja guru, dengan persamaan regresi linear 3 = 80,985+0,268X2 dan koefisien korelasi (r23) sebesar 0,394 dan koefisien determinasi sebesar 0,156 sehingga kontribusi variabel X2 terhadap X3 sebesar 15,6% pada taraf α = 0,05, koefisien jalur p32 = 0,4406. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positip kemampuan manajerial kepala sekolah terhadap iklim organisasi sekolah, dengan persamaan regresinya 2 = 2,487 + 0,398X1 dan koefisien korelasi (r12) sebesar 0,450 dan koefisien determinasinya sebesar 0,203, sehingga kontribusi variabel X1 terhadap X2 sebesar 20,3% pada taraf α = 0,05, koefisien jalur p21= 0,7294. Hasil penelitian ini diharapkan berguna dalam upaya peningkatan kepuasan kerja guru karena hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan manajerial kepala sekolah dan iklim organisasi sekolah secara signifikan mampu meningkatkan kepuasan kerja guru.