Abstrak
SUSULOWATY. Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Tesis. Jakarta, Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka, 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh supervisi kepala sekolah dan iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru pada Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciracas Kotamadya, Jakarta Timur. Berdasarkan tujuan tersebut, maka hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh positif supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru, (2) terdapat pengaruh positif iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru, dan (3) terdapat pengaruh positif antara supervisi kepala sekolah terhadap iklim organisasi. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciracas Kotamadya, Jakarta Timur dengan menggunakan metode survei. Jumlah sampel yang dilibatkan sebanyak 185 guru yang diambil dengan teknik acak sederhana. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan analisis jalur. Instrumen yang digunakan untuk mengukur supervisi kepala sekolah, iklim organisasi dan kepuasan kerja guru berupa kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Dari hasil pengujian reliabilitas diketahui untuk kuesioner supervisi kepala sekolah memiliki Alpha = 0,925, iklim organisasi memiliki koefisien Alpha= 0,929 dan untuk kuesioner kepuasan kerja guru diperoleh koefisien Alpha= 0,918. Hasil analisis data disimpulkan: (1) Terdapat pengaruh langsung supervisi kepala sekolah terhadap kepuasan kerja guru yang diperoleh koefisien korelsi 0,575 dan koefisien jalur 0,575; (2) Terdapat pengaruh langsung iklim organisasi terhadap kepuasan kerja guru yang diperoleh koefisien korelasi 0,951 dan koefisien jalur 0,121; dan (3) Terdapat pengaruh langsung supervisi kepala sekolah terhadap iklim organisasi yang diperoleh koefisien korelasi 0,888 dan koefisien jalur 0,819. Dengan hasil demikian, Kondisi supervisi dan iklim organisasi Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ciracas Jakarta Timur perlu diperbaiki, karena eksistensinya memberikan kontribusi yang bermakna bagi kepuasan kerja guru. Peningkatan supervisi kepala sekolah dilakukan baik secara kuantitas maupun kualitas. Secara kuantitas, kepala sekolah dapat mengintensifkan kegiatan supervisi pendidikan bagi para guru, sedangkan secara kualitas pengawas perlu mencari cara atau teknik supervisi yang lebih tepat dan efektif dengan bobot materi supervisi yang lebih baik. Kepala sekolah juga harus mengarahkan kegiatan supervisi secara edukatif, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru. Sementara upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan iklim organisasi adalah memperbaiki aspek-aspek dari iklim organisasi yang meliputi otonomi, kebersamaan, kepercayaan, tekanan, dukungan, pengakuan, kewajaran, dan inovasi.