Abstrak
SURIA. ?Hubungan Kepemimpinan Karismatik Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru
dengan Etos Kerja Guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Pondok Aren Kota
Tangerang Selatan?h Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah
Prof. DR. HAMKA. 2014.
Etos Kerja berkaitan erat dengan persyaratan komponen-komponen sistem
dengan mutu, dengan kata lain ditetapkannya pengembangan sekolah yang berkualitas.
Salah satu faktor penting dalam meningkatkan etos kerja dalam hal ini adalah etos kerja
guru adalah seberapa besar kepemimpinan karismatik kepala sekolah dan kompetensi
guru dalam meningkatkan etos kerja guru. Dalam penelitian ini adalah untuk
mengetahui seberapa besar konstribusi kepemimpinan karismatik dan kompetensi guru
terhadap peningkatan etos kerja guru di kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang
Selatan.
Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang menggunakan pendekatan
kuantitatif dan metode deskriptif dengan menggunakan teknik angket (kuesioner).
Instrumen berupa angket dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis
regresi. Penelitian ini dilakukan pada 16 Sekolah Dasar Negeri dengan populasi 233
orang guru dan sampel penelitian sebanyak 147 orang guru. Uji coba instrumen diambil
30 orang guru secara acak dari populasi sampel.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan karismatik kepala sekolah di
Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan pada kategori baik, kompetensi guru
dikategorikan baik dan etos kerja guru kategori tinggi. Pada perubahan Etos Kerja Guru
. = 77,693 + 0,648 X1 diperoleh konstribusi kepemimpinan karismatik kepala sekolah
dengan etos kerja guru sebesar (r2
xy) = 0,267 (26,7 %) dapat dikatakan tingkat hubungan
antara kepemimpinan karismatik kepala sekolah dengan etos kerja guru adalah cukup
kuat, sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kepemimpinan
karismatik kepala sekolah dengan etos kerja guru. Pada perubahan Etos Kerja Guru . =
77,689 + 0,572 X2 diperoleh konstribusi kompetensi guru dengan etos kerja guru
sebesar (r2
xy) = 0,200 (20 %) dapat dikatakan tingkat hubungan antara kompetensi guru
dengan etos kerja guru adalah cukup kuat, sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif antara kompetensi guru dengan etos kerja guru. Sedangkan pada
perubahan Etos Kerja Guru Ŷ = 47,812 + 0,522 X1 + 0,402 X2 diperoleh konstribusi
antara kepemimpinan karismatik kepala sekolah dan kompetensi guru secara simultan
dengan etos kerja guru sebesar (r2
xy) = 0,356 (35,6 %) dapat dikatakan tingkat
hubungan antara kepemimpinan karismatik kepala sekolah dan kompetensi guru secara
bersama-sama dengan etos kerja guru adalah cukup kuat, sehingga disimpulkan bahwa
terdapat hubungan positif antara kepemimpinan karismatik kepala sekolah dan
kompetensi guru secara bersama-sama dengan etos kerja guru.