Abstrak
Mas?ud, Pengaruh Etos Kerja Kepala Sekolah dan Kecerdasan Emosional Terhadap
Mutu Layanan Administrasi Guru Madrasah Aliyah Negeri Di Jakarta Timur. Tesis.
Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana
Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA. Desember 2013.
Penelitian yang dilakukan bertujuan melakukan kajian Etos Kerja Kepala Sekolah
dan Kecerdasan Emosional terhadap Mutu layanan administrasi guru Madrasah Aliyah
Negeri Di Jakarta Timur. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian lapangan
melalui survei, menggunakan kuisioner dan pendekatannya dengan analisis jalur.
Populasi dalam penelitian ini adalah guru Madrasah Aliyah Negeri Di Jakarta Timur
yang berjumlah 226 orang guru. Menggunakan rumus Slovin didapat 70 orang guru
sebagai sampel penelitian, 30 orang guru sebagai sample uji coba diambil di luar sampel
penelitian sesungguhnya.
Penelitian ini memiliki 3 hipotesis, yaitu terdapat pengaruh langsung: 1) Etos
Kerja Kepala Sekolah terhadap Mutu layanan administrasi guru 2) Kecerdasan
Emosional terhadap Mutu layanan administrasi guru, dan 3) Etos Kerja Kepala Sekolah
terhadap Kecerdasan Emosional.
Uji coba intrumen untuk mendapatkan validitas butir pernyataan dan dan
reliabilitas instrumen dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment dan Alpha
Cronbach. Instrumen Mutu layanan administrasi guru memiliki reliabilitas rii= 0,935,
Etos Kerja Kepala Sekolah memiliki reliabilitas rii= 0,963, dan Kecerdasan Emosional
memiliki reliabilitas rii = 0,969.
Ramalan hubungan dianalisis dengan menggunakan regresi tunggal sederhana.
Hasilnya disimpulkan bahwa: 1) terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan
Etos Kerja Kepala Sekolah (X1) terhadap Mutu layanan administrasi guru (X3)
memperoleh persamaan regresi
3
X?
= 65,311+ 0,497X1, koefisien korelasi r13= 0,601
dan koefisien pengaruh X1 terhadap X3. p31 = 0,37 pada taraf signifikansi α = 0,05, (2)
terdapat pengaruh langsung yang sangat signifikan Kecerdasan Emosional (X2) terhadap
Mutu layanan administrasi guru (X3) memperoleh persamaan regresi
3
X?
= 45,868 +
0,675X2 koefisien korelasi r23 = 0,627, dengan koefisien pengaruh X2 terhadap X3 p32= 0,40, pada taraf signifikansi α = 0,05 (3) terdapat pengaruh langsung yang signifikan
Etos Kerja Kepala Sekolah (X1) terhadap Kecerdasan Emosional (X2) memperoleh
persamaan regresi
2
X?
= 51,775 + 0,543X11, koefisien korelasi r12 = 0,707 dengan
koefisien Etos Kerja Kepala Sekolah (X1) terhadap Kecerdasan Emosional (X2) p21 =
0,71 pada taraf signifikansi α = 0,05.
Hasil uji hipotesis didapat simpulan bahwa hipotesis nol (H0), yang menyatakan
tidak terdapat pengaruh langsung Etos Kerja Kepala Sekolah dan Kecerdasan
Emosional terhadap Mutu layanan administrasi guru ditolak, sedangkan hipotesis
alternatif (H1), yang menyatakan terdapat pengaruh langsung Etos Kerja Kepala
Sekolah dan Kecerdasan Emosional terhadap Mutu layanan administrasi guru diterima.
Guru-guru Madrasah Aliyah Negeri Di Jakarta Timur dapat meningkat mutu
layanan administrasi guru apabila dalam melaksanakan tugasnya dengan baik, peran
Etos Kerja Kepala Sekolah yang tinggi dan didukung oleh Kecerdasan Emosional yang
baik.
Disarankan bagi para peneliti dan pihak-pihak yang berkepentingan berkenaan
dengan Mutu layanan administrasi guru untuk dilakukan penelitian lanjut tentang
faktor-faktor yang mempengaruhi Mutu layanan administrasi guru dalam skala populasi
yang lebih besar dan tidak hanya pada lokal sekolah di tingkat kotamadya saja.