Abstrak
NUR DEKRIYATI YULIAH. Pengaruh Supervisi Pengawas Sekolah dan Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Etos Kerja Guru Sekolah Menengah Atas Se Kecamatan Tanjung Priok Jakarta Utara. Tesis. Jakarta: Sekolah Pasca Sarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA 2014. Penelitian ini merupakan survei dan bertujuan untuk menganalisis secara empiris pengaruh supervisi pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah secara langsung terhadap etos kerja guru. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah guru dari beberapa SMA Negeri di Jakarta Utara, sebanyak 100 responden. Sampel penelitian diperoleh melalui metode simple random sampling melalui teknik korelasi dengan tiga variabel yang terdiri dari dua variabel bebas, yaitu supervisi pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah serta satu variabel terikat, yaitu etos kerja guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik kuesioner untuk semua variabel. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan teknik korelasi dan analisis jalur. Sebelum data dianalisis, terlebih dahulu dilakukan analisis statistik deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolineritas), sebelum uji analisis jalur (path analysis) dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh langsung yang signifikan supervisi pengawas sekolah terhadap etos kerja guru dengan 31  = 0,610 dan thitung = 3,962 > ttabel = 1,98; 2), pada taraf alpha 0,05 dan koefisien regresi:     Y 12,668 0,326X . Terdapat pengaruh langsung yang signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap etos kerja guru dengan 32  = 0,761 dan thitung = 8,441 > ttabel = 1,98; 3), pada taraf alpha 0,05 dan koefisien regresi:     Y 12,668 0,615X . Terdapat pengaruh langsung yang signifikan supervisi pengawas sekolah terhadap kepemimpinan kepala sekolah dengan 21  = 0,532 dan thitung = 6,222 > ttabel = 1,98, pada taraf alpha 0,05 dan koefisien regresi:     Y 39,725 0,602X . Hal ini dapat diartikan bahwa etos kerja guru dipengaruhi oleh supervisi pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah. Oleh karena itu, upaya pembentukkan etos kerja guru harus dibarengi peningkatan kedua faktor tersebut. Analisis korelasi menunjukkan : 1) Koefisien Determinasi (R square) Supervisi Pengawas Sekolah (X1) terhadap Etos Kerja Guru (X3) adalah 37,2%, , 2) Koefisien Determinasi (R square) Kepemimpinan Kepala Sekolah (X2) terhadap Etos Kerja Guru (X3) adalah 57,9 %, 3) Koefisien Determinasi (R square) Supervisi Pengawas Sekolah (X1) terhadap Kepemimpinan Kepala Sekolah (X3) adalah 28,3 %. Hasil penelitian mengandung implikasi bahwa supervisi pengawas sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah dapat meningkatakan etos kerja guru.