Abstrak
Siti Badriah, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru terhadap Disiplin Kerja Guru di Kecamatan Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Tesis, Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA Jakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap disiplin kerja guru di SMPN di wilayah Kecamatan Kebayoran Lama , (2) pengaruh kepuasaan kerja guru terhadap disiplin kerja guru di wilayah Kecamatan Kebayoran Lama, (3) pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap kepuasaan kerja guru di wilayah Kecamatan Kebayoran Lama. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang ada di SMPN di Kecamatan Kebayoran Lama. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Proposional random Sampling, yaitu sampel yang berdasarkan teknik proposional, artinya setiap unit populasi memiliki peluang yang sama untuk terambil menjadi sampel penelitian. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 103 orang guru SMPN di Kecamatan Kebayoran Lama. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian ialah kuesioner dengan Skala Likert yang terdiri dari variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1) sebanyak 30 butir instrumen, variabel Kepuasan Kerja (X2) sebanyak 30 butir instrumen dan variabel Disiplin Kerja (X3) sebanyak 35 butir instrumen. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, uji persyaratan analisis, dan uji hipotesis. Pengujian persyaratan analisis meliputi pengujian validitas dan reliabilitas instrument menggunakan korelasi alpha chronbach, pengujian normalitas menggunakan uji Lilliefors dan pengujian homogenitas menggunakan uji Bartlett. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan analisis regresi sederhana dan koefisien jalur melalui matriks korelasi dan matrik analisis jalur (path analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : pertama, terdapat pengaruh langsung positif antara variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap disiplin kerja guru, memperoleh persamaan regresi 3X? = 42,573 + 0,840X1, dan koefisien korelasi r13 = 0,628 pada tingkat =0,05 serta pengaruh X1 terhadap X3 , p31 = 0,32. Koefisien determinasi adalah 0,395 yang berarti 39,50%. Kedua, terdapat pengaruh langsung positif kepuasan kerja guru terhadap Disiplin Kerja Guru, memperoleh persamaan regresi 3 X ? = 55,783 + 0,723X2 dan koefisien korelasi r23 = 0,683 pada tingkat =0,05 serta pengaruh X2 terhadap X3 p32 = 0,47 .Koefisien determinasi sebesar 0,466 yang berarti 46,60% . Ketiga terdapat pengaruh langsung positif Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kepuasan Kerja Guru memperoleh persamaan regresi 2X? = 17,667 + 0,831X1 dan koefisien korelasi r12 = 0,658 pada tingkat =0,05 serta koefisien pengaruh X1 terhadap X2 p21 = 0,66 . Koefisien determinasi sebesar 0,433 menerangkan bahwa 43,30% . Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat dinyatakan bahwa antara variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah (X1), Variabel Kepuasan Kerja Guru (X2) turut mempengaruhi adanya variasi Disiplin Kerja Guru (X3). Hal ini berarti secara umum terdapat pengaruh antara Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kepuasan Kerja Guru terhadap Disiplin Kerja Guru di SMPN Kecamatan Kebayoran Lama.