Abstrak
SUHADNA. Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Etos Kerja Guru di Sekolah Dasar Negeri Wilayah Binaan VI Kecamatan Cilincing Jakarta Utara. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA, Jakarta. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menelaah, menganalisis, dan menguji tentang pengaruh : (1) manajerial kepala sekolah terhadap etos kerja guru, (2) motivasi kerja guru terhadap etos kerja guru, dan (3) manajerial kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. Hipotesis yang diuji adalah: terdapat pengaruh langsung positif (1) manajerial kepala sekolah terhadap etos kerja guru, (2) motivasi kerja guru terhadap etos kerja guru, dan (3) manajerial kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah seluruh guru dari 10 Sekolah Dasar Negeri wilayah binaan VI kecamatan Cilincing Jakarta Utara yang berjumlah 160 orang, sedangkan sampel penelitian berjumlah 114 orang guru. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data etoss kerja guru, manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja guru adalah angket model skala Likert. Validitas ketiga instrumen tersebut diuji menggunakan formula Product Moment, sedangkan Reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel etos kerja guru adalah sebesar r11 = 0.965; hasil uji coba untuk variabel manajerial kepala sekolah adalah sebesar r11 = 0.942 dan hasil uji coba untuk variabel motivasi kerja guru adalah sebesar r11 = 0.941 . Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, signifikansi, linearitas, determinasi dan uji analisi jalur. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif manajerial kepala sekolah terhadap etos kerja guru dengan koefisien korelasi (r13) = 0.966 pada taraf signifikan α = 0,05. Koefisien determinasi sebesar r2 13 = 0.9331 Kontribusi manajerial kepala sekolah terhadap etos kerja guru sebesar 93.31%; Kedua, terdapat pengaruh langsung positif motivasi kerja guru terhadap etos kerja guru dengan koefisien korelasi (r23) = 0.964 pada taraf signifikan α = 0,05. Koefisien determinasi sebesar r2 23= 0.9293. Kontribusi motivasi kerja guru terhadap etos kerja guru sebesar 92.93%; Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif manajerial kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru. dengan koefisien korelasi (r12) = 0.987 pada taraf signifikan α = 0,05. Koefisien determinasi sebesar r2 12= 0.9742. Kontribusi manajerial kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru sebesar 97.42%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa etos kerja guru di Sekolah Dasar Negeri wilayah binaan VI Kecamatan Cilincing Jakarta Utara dapat ditingkatkan melalui manajerial kepala sekolah dan motivasi kerja guru.