Abstrak
ELIDAR.PengaruhLingkungan kerjadan Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru Sekolah Pertama Negeri di Kecamatan Koja Jakarta Utara. Tesis. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR.HAMKA, Jakarta. 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) pengaruh lingkungan kerja terhadap disiplin kerja guru, 2) pengaruh motivasi kerja terhadap disiplin kerja guru, dan 3) pengaruh lingkungan kerjaterhadap motivasi kerja guru, Penelitian ini dilaksanakan dengan mengunakan metode survei. Populasi terjangkau berjumlah 178 orang guru dan sampel penelitian diambil 123 orang guru, sebagai instrumen penelitian berupa angket yang diujicobakan kepada 30 orang guru SMP Negeri di Kecamatan KojaJakarta Utara. Untuk mendapatkan validitas butir angket digunakan korelasi product momentdengan hasil, dari 40butirdisiplin kerja guru 36 butir dinyatakan valid ; dari 40butirlingkungan kerja34 butir dinyatakan valid;dan dari 40butirmotivasi kerja34 butir dinyatakan valid. Untuk mengetahui reliabilitas instrumen digunakan rumusAlpha, dengan hasil angket disiplin kerja guru diperoleh nilai r11 = 0,918; angket lingkungan kerja diperoleh nilai r11 = 0,915, dan angket Motivasi Kerja diperoleh nilai r11 = 0,899, Ketiga variabel tersebut setelah dikonsultasikan dengan tabel interpretasi nilai rmemiliki reliabilitas tinggi atau kuat ( tabel r interpelasi.= 0,800-1,000) Pengujian persyaratan analisis yang dilakukan adalah uji normalitas, dan homogenitas. Berdasarkan hasil uji Normalitas Data dengan Uji Lilliefors didapat : 1) nilai L hitung 0,0729< L tabel 0,080, berarti data Disiplinkerja guru atas Lingkungan kerja berdistribusi normal, 2).nilai L hitung 0,0733< Ltabel 0,080, berarti data disiplinkerja guru atas motivasi kerja berdistribusi normal dan 3).nilai L hitung 0,0490< L tabel 0,080, berarti data Motivasi kerja atas Lingkungan Kerja berdistribusi normal. Uji Homogenitas data dengan uji Barlett didapat : 1) nilai χ2 hitung 12,480< χ2 tabel37,652 berarti data disiplin kerja guru atas lingkungan kerja homogen, 2).nilai χ2 hitung 9,006< χ2 tabel48,600 berarti data disiplin kerja guru atas motivasi kerja, dan 3). nilai χ2 hitung 11,802< χ2 tabel37,652 berarti data motivasi kerja atas lingkungan kerja homogen, Hasil analisis regresi dengan korelasi product momentdiperoleh harga r13= 4,099; harga r23= 5,336; dan harga r12= 4,421. Koefisien determinasi (r13)2 sebesar = 31.8 % ; koefisien determinasi (r23)2 sebesar = 41.4 % dan koefisien determinasi (r12)2 sebesar = 34,3. %. Hal ini terbukti berarti hipotesis 1) Terdapat pengaruh langsung Lingkungan kerja terhadap Displin Kerja, Koefesien korelasi dalam analisis jalur memperoleh P31 = 0.414. Hipotesis 2) Terdapat pengaruh langsung Motivasi Kerja terhadap Disiplin Kerja Guru, koefisien korelasi dalam analisis jalur memperoleh P32 = 0.414, Hipotesis 3) Terdapat pengaruh langsung Lingkungan kerja terhadap Motivasi kerja, koefisien korelasi dalam analisis jalur memperoleh P21 = 0.343 Oleh karena itu diharapkan agar hasil penelitian ini dijadikan acuan oleh kepala sekolah dan seluruh guru sebagai penanggung jawab utama untuk mewujudkan sekolah yang memiliki mutu pendidikan sehingga dapat mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien.