Abstrak
SRI RAHAYU. Pengaruh Budaya Organisasi Sekolah dan Sarana Prasarana terhadap Kepuasan Siswa Sekolah Menengah Kerujuan Negeri di Kecamatan Tambora Jakarta Barat. Tesis. Jakarta: Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi dan menganalisis pengaruh (1) budaya organisasi sekolah terhadap kepuasan siswa, (2) sarana prasarana terhadap kepuasan siswa dan (3) budaya organisasi sekolah terhadap sarana prasarana Hipotesis yang diuji adalah: (1) terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi sekolah terhadap kepuasan siswa, (2) terdapat pengaruh langsung positif sarana prasarana terhadap kepuasan siswa, (3) terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi sekolah terhadap sarana prasarana. Metode penelitian yang digunakan adalah survey. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kecamatan Tambora Jakarta Barat pada tahun 20014 berjumlah 191 orang. Sampel berjumlah 66 orang dengan menggunakan teknik acak proporsional (Proportional Random Sampling). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data variabel kepuasan siswa, budaya organisasi sekolah dan sarana prasarana adalah angket model skala Lima. Uji Validitas dihitung dengan rumus Product Moment dan Keterandalannya (Reliabilitas) dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Hasil uji coba untuk variabel kepuasan siswa sebesar r11 = 0,9632; hasil uji coba untuk variabel budaya organisasi sekolah sebasar r11 = 0,9303; dan hasil uji coba untuk variabel sarana prasarana sebesar r11 = 0,9342. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial, untuk pengujian hipotesis digunakan statistik korelasi sederhana, dan analisis jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi sekolah terhadap kepuasan siswa, dengan persamaan regresi yaitu = 14,57 + 0,933X1; dapat dimaknai jika budaya organisasi sekolah diberi skor 1, maka kepuasan siswa akan meningkat sebesar 0,933; koefesien korelasi sebesar r13 = 0,802 dengan koefisien determinasi 64,36%; dan koefesien jalur p31 sebesar 0,464; pada taraf signifikansi α = 0,05. 3 ?X Kedua, terdapat pengaruh langsung positif sarana prasarana terhadap kepuasan siswa, dengan persamaan regresi = 30,66 + 0,793X2; dapat dimaknai jika sarana prasarana diberi skor 1, maka kepuasan siswa akan meningkat sebesar 0,793; koefesien korelasi sebesar r23 = 0,794 dengan koefisien determinasi 63,09%; dan koefesien jalur p32 sebesar 0,427 pada taraf signifikansi α = 0,05. Ketiga, terdapat pengaruh langsung positif budaya organisasi sekolah terhadap sarana prasarana, dengan persamaan regresi = 34,42 + 0,676X1; dapat dimaknai jika budaya organisasi sekolah diberi skor 1, maka sarana prasarana akan meningkat sebesar 0,676; koefesien korelasi sebesar r12 = 0,788 dengan koefisien determinasi 62,09%; dan koefesien jalur p21 sebesar 0,788; pada taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini berguna bagi peningkatan kepuasan siswa dengan cara meningkatkan budaya organisasi sekolah (X1) dan sarana prasarana (X2).