Abstrak
Titin Supartini, Pengaruh Manajerial Kepala Sekolah Dan Kinerja GuruTerhadap Kualitas Layanan Guru Sekolah Dasar Negeri di Kelurahan Bintaro Kecamatan Pesanggrahan Kota Administrasi Jakarta Selatan. Tesis. Program Studi Magister Administrasi Pendidikan. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Jakarta, 2014. Kata Kunci : Manajerial Kepala Sekolah, Kinerja Guru, dan Kualitas Layanan Guru Penelitian ini bertujuan untuk menganalisispengaruhmanajerial kepala sekolahdan kinerja guru terhadap kualitas layanan guru SDN. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survey terhadap 100 guru SDN di Kelurahan Bintaro Kecamatan Pesanggrahan Kotif Jakarta Selatan. Sampel diambil dengan teknik sampel acak proporsional. Data untuk tiga variabel dikumpulkan dengan tiga instrument angket, yaitu: (1) Angket Manajerial Kepala Sekolah, (2) Angket Kinerja Guru, dan (3) Angket Kualitas Layanan Guru. Data dianalisis dengan statistik korelasi dan regresi pada taraf signifikan α 0,05. Dari hasil analisis data dapat disimpulkan : (1) terdapat pengaruh langsungpositif manajerial kepala sekolah terhadap kualitas layanan guru SDNyang ^ ditunjukkan oleh koefisien korelasi r13 = 0,349 dan persamaan regresiX3=79,596 + 0, 354 X1 (2) terdapat pengaruh langsung positif Kinerja Guru terhadap Kualitas ^ Layanan Gurudengan persamaan regresi X3 = 34,297 + 0,709 X2, dan koefisien korelasi r23= 0,759. (3) terdapat pengaruh langsung positif Manajerial Kepala ^ Sekolah terhadap Kinerja Guru dengan persamaan regresi X2= 85,244 + 0,340 X1 ^ koefisien korelasi Kinerja Guru dengan persamaan regresi X2= 85,244 + 0,340 X1 danbkoefisien korelasi sederhana r12 = 0,313, dalam analisis jalur diperoleh = 0,313 > 0,05.bBerdasarkan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi manajerial kepala sekolah dan kinerja guru SDN maka makin tinggi juga kualitas layanan guru SDN.